Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas WAN Siswa TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8997Keywords:
Blended Learning, Hasil Belajar, Teknologi Jaringan Berbasis LuasAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas WAN siswa TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan TKJ siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning dengan menerapkan PjBL dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran Problem Based Learning Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pemberian Pre test Perlakuandan Post test dengan jumlah sampel 20 orang siswa Dalam pengolahan data uji normalitas dan homogenitas menggunkanan SPSS Statistics versi 25 dan uji hipotesis statistic dilakukan menggunakan SPSS Statistics versi 25 dengan hasil thitung = 1 86 gt; ttabel = 1 685954 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak Tetapi dikarenakan hasil dari ttabel dan thitung tidak bedah jauh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tetapi tidak signifikan pada skor hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen < em>< p>
nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>
The aim of this research is to find out whether there is an influence of the Blended Learning learning model on the Broad Based Network Technology WAN learning outcomes of TKJ students at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu This research was carried out involving class The research method used is a quantitative descriptive research method consisting of an experimental group and a control group by administering a pre test treatment and post test with a sample size of 20 students In processing the data normality and homogeneity tests were used using SPSS Statistics version 25 and statistical hypothesis testing was carried out using SPSS Statistics version 25 with the result tcount = 1 86 gt; ttable = 1 685954 so that H1 was accepted and H0 was rejected However because the results from ttable and tcount are not far apart it can be concluded that there is a difference but not significant in the student learning outcome scores between the control class and the experimental class < em>< p>
References
Abdullah W 2018 Model Blended Learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Fikrotuna:Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 7 1 855 866
Dwiyogo W D 2018 Developing a Blended Learning Based Method for Problem Solving in Capability Learning Tojet The Turkish Online Journal of Educational Technology 17 1 51 61
Dimyati Mudjiono 2006 Rana Kognitif Afektif Psikomotor Bumi Aksara
Mulyadi E 2015 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22 4 385 395
Made Wena 2012 Strategi Pembelajara Inovatif Kontemporer Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana 2013 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo
Purwanto 2010 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rainer R Kelly dan Cassey G Cegielski 2011 Introduction to Information Systems Third
Rusman 2012 Model model Pembelajaran Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sani Ridwan Abdullah 2014 Pembelajaran Saintifik Jakarta: Bumi Aksara
Sari A R 2014 Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Group Work melalui Kombinasi Pembelajaran Peer Learning Dan Blended Learning Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 12 1
Sudeva G A Manoppo C T M Manggopa H K 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 532 543
Sujarweni V Wiratna 2015 Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi 33 Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sugiyono 2012 Statistic Nonparametris Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta
Thorne Kaye 2013 Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning USA: Kogan Page Limited
Zannah K M 2020 Analisis Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Studi Kepustakaan Doctoral dissertation FKIP UNPAS
