Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Siswa TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu
Keywords:
Blended Learning, Hasil Belajar, Teknologi Jaringan Berbasis LuasAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) siswa TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning dengan menerapkan PjBL, dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pemberian Pre-test, Perlakuandan Post-test dengan jumlah sampel 20 orang siswa. Dalam pengolahan data uji normalitas dan homogenitas menggunkanan SPSS Statistics versi 25 dan uji hipotesis statistic dilakukan menggunakan SPSS Statistics versi 25 dengan hasil thitung = 1,86 > ttabel = 1,685954 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Tetapi dikarenakan hasil dari ttabel dan thitung tidak bedah jauh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tetapi tidak signifikan pada skor hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
ABSTRACT
The aim of this research is to find out whether there is an influence of the Blended Learning learning model on the Broad-Based Network Technology (WAN) learning outcomes of TKJ students at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu. This research was carried out involving class The research method used is a quantitative descriptive research method consisting of an experimental group and a control group by administering a pre-test, treatment and post-test with a sample size of 20 students. In processing the data, normality and homogeneity tests were used using SPSS Statistics version 25 and statistical hypothesis testing was carried out using SPSS Statistics version 25 with the result tcount = 1.86 > ttable = 1.685954 so that H1 was accepted and H0 was rejected. However, because the results from ttable and tcount are not far apart, it can be concluded that there is a difference but not significant in the student learning outcome scores between the control class and the experimental class.
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna:Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866
Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a Blended Learning-Based Method for Problem-Solving in Capability Learning. Tojet - The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 51–61.
Dimyati – Mudjiono (2006), Rana Kognitif, Afektif, Psikomotor. Bumi Aksara
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385-395.
Made Wena. (2012). Strategi Pembelajara Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rainer, R. Kelly, dan Cassey G. Cegielski. (2011). Introduction to Information Systems, Third
Rusman. (2012) .Model-model Pembelajaran.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, A. R. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Group-Work melalui Kombinasi Pembelajaran Peer Learning Dan Blended Learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,12(1).
Sudeva, G. A., Manoppo, C. T. M., & Manggopa, H. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 532-543.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. (2012). Statistic Nonparametris Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Thorne, Kaye. (2013). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning.USA: Kogan Page Limited
Zannah, K. M. (2020). Analisis Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kepustakaan) (Doctoral dissertation. FKIP UNPAS).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.