Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Vidio Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu

Authors

  • Randi Korompot Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djami Olii Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8998

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Dasar-dasar jaringan komputer

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar Dasar dasar Jaringan Komputer SMK Cokroaminoto Kotamobagu< em> Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TJKT SMK Cokroaminoto Kotamobagu berjumlah 40 siswa Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TJKT A berjumlah 20 siswa adalah kelas eksperiman dan siswa kelas X TJKT B berjumlah 20 siswa adalah kelas kontrol Hasil pengujian hipotesis berdasarkan uji Independent Sample t Test pada data postest diperoleh nilai thitung = 2 736 dan nilai Sig 2 tailed bernilai 0 009 Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df =38 dengan taraf signifikan= 0 05 adalah 2 011 Karena nilai thitung gt; ttabel 2 736 gt; 2 011 dan Sig 2 tailed 0 009 lt; 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Data ini didukung juga oleh data uji normalitas dimana data tersebut berdistribusi normal karena nilai signifikansi post test kedua kelas gt; 0 05 dan pada pengujian homogenitas data tersebut homogen karena nilai based on mean 0 754 gt; 0 05 Hal ini menunjukkan bahwa H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Artinya hipotesis menyatakan Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan Vidio Tutorial terhadap Hasil Belajar Dasar dasar Jaringan Komputer SMK Cokroaminoto Kotamobagu < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

This research aims to determine the effect of the Project Based Learning learning model assisted by video tutorials on the learning outcomes of Basics of Computer Networks at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu This research method is quantitative research with an experimental approach The population of this study was all students in class X TJKT SMK Cokroaminoto Kotamobagu totaling 40 students The sample in this study was 20 students from class X TJKT A in the experimental class and 20 students from class The results of hypothesis testing based on the Independent Sample t Test on posttest data obtained a tcount = 2 736 and a Sig 2 tailed is worth 0 009 The ttable distribution value seen based on df = 38 with a significance level = 0 05 is 2 011 Because the value of tcount gt; ttable 2 736 gt; 2 011 and Sig 2 tailed 0 009 lt; 0 05 Ho is rejected and Ha is accepted This data is also supported by normality test data where the data is normally distributed because the post test significance value for both classes is gt; 0 05 and in the homogeneity test the data is homogeneous because the value is based on a mean of 0 754 gt; 0 05 This shows that H0 is rejected and Ha is accepted This means that the hypothesis states There is an influence of the Project Based Learning Learning Model assisted by Video Tutorials on the Learning Outcomes of Basics of Computer Networks at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu < em>< p>

References

Anazifa R D Hadi R F 2016 Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek project based learning dalam pembelajaran biologi In Prosiding Symbion Symposium on Biology Education pp 453 462

Ghozali I 2016 Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi bisnis dan ilmu sosial lainnya

Handayani D Yunita A S A Eka J Saprizal H 2022 Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Chemistry Education Practice 5 1 :108 114 https:10 29303 cep v5i1 2765

Hilmiatussadiah KG 2020 Hasil belajar siswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran berani pada masa pandemi Covid 19 Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia 1 2 67 71

Nurita T 2018 Kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP PENSA: E JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 02 Pritandhari M Ratnawuri T 2015 Evaluasi penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran semester iv program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi 3 2

Pauran D C Waworuntu J Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 139 150

Putri A A V W 2020 Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak Journal for Lesson and Learning Studies 3 3 388 396

Putri M J T Suhartiningsih Yesi W B Kusstianti N 2021 Pembuatan Video Tutorial Coloring Air Blanding Technique Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Kecantikan E Journal 10 2 177 184

Suana I N 2020 Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dibantu Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Jurnal Santiaji Pendidikan JSP 10 2

Surya A P Relmasira S C Hardini A T A 2018 Penerapan model pembelajaran project based learning PjBL untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Jurnal Pesona Dasar 6 1

Susanti S Zulfiana A 2018 Jenis jenis media dalam pembelajaran Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran 1 16

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Vidio Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(4), 402 412. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8998