Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Vidio Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Siswa SMK Cokroaminoto Kotamobagu
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Dasar-dasar jaringan komputerAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar Dasar-dasar Jaringan Komputer SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TJKT SMK Cokroaminoto Kotamobagu berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TJKT-A berjumlah 20 siswa adalah kelas eksperiman dan siswa kelas X TJKT-B berjumlah 20 siswa adalah kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan uji Independent Sample t-Test pada data postest diperoleh nilai thitung = 2,736 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,009. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df =38 dengan taraf signifikan= 0,05 adalah 2,011. Karena nilai thitung> ttabel (2.736 > 2.011) dan Sig.(2-tailed) 0.009 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Data ini didukung juga oleh data uji normalitas dimana data tersebut berdistribusi normal karena nilai signifikansi post-test kedua kelas > 0,05 dan pada pengujian homogenitas data tersebut homogen karena nilai based on mean 0.754 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan Vidio Tutorial terhadap Hasil Belajar Dasar- dasar Jaringan Komputer SMK Cokroaminoto Kotamobagu”.
ABSTRACT
This research aims to determine the effect of the Project Based Learning learning model assisted by video tutorials on the learning outcomes of Basics of Computer Networks at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu. This research method is quantitative research with an experimental approach. The population of this study was all students in class X TJKT SMK Cokroaminoto Kotamobagu totaling 40 students. The sample in this study was 20 students from class X TJKT-A in the experimental class and 20 students from class The results of hypothesis testing based on the Independent Sample t-Test on posttest data obtained a tcount = 2.736 and a Sig. (2-tailed) is worth 0.009. The ttable distribution value seen based on df = 38 with a significance level = 0.05 is 2.011. Because the value of tcount > ttable (2.736 > 2.011) and Sig. (2-tailed) 0.009 < 0.05, Ho is rejected, and Ha is accepted. This data is also supported by normality test data where the data is normally distributed because the post-test significance value for both classes is > 0.05 and in the homogeneity test the data is homogeneous because the value is based on a mean of 0.754 > 0.05. This shows that H0 is rejected, and Ha is accepted. This means that the hypothesis states "There is an influence of the Project Based Learning Learning Model assisted by Video Tutorials on the Learning Outcomes of Basics of Computer Networks at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu".
References
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 453-462).
Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya.
Handayani, D., Yunita, A.S.A., Eka, J., & Saprizal, H. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Chemistry Education Practice, 5(1):108–114. https:10.29303/cep.v5i1.2765
Hilmiatussadiah, KG (2020). Hasil belajar siswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran berani pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1 (2), 67-71.
Nurita, T. (2018). Kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02).Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran semester iv program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2).
Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 139-150.
Putri, A. A. V. W. (2020). Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396.
Putri, M. J. T., Suhartiningsih, Yesi, W. B., & Kusstianti, N. (2021). Pembuatan Video Tutorial Coloring Air Blanding Technique Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Kecantikan. E-Journal, 10(2), 177–184.
Suana, I. N. (2020). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dibantu Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2).
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.