Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Prakarya TIK Berbasis Mobile untuk Siswa Kelas VI di SD Katolik St. Theresia Malalayang
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Smart Apps CreatorAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research & Development yang menghasilkan media pembelajaran prakarya tik berbasis android yang valid dan praktis untuk siswa SD Katolik St. Theresia Malalayang. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D Model). Yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: mendefinisikan, (pendefinisian) desain, (perancangan) mengembangkan, (pengembangan) dan menyebarkan (penyebaran) akan tetapi peneliti hanya fokus sampai pada tahapan pengembangan atau pengembangan dikarenakan tahapan penyebaran memerlukan waktu yang cukup lama. Penelitian ini di uji oleh seorang dosen ahli Pendidikan Teknik Informatika dari Universitas Negeri Manado dan seorang guru mata pelajaran prakarya tik SD Katolik St. Theresia Malalayang. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini mendapatkan nilai indeks x ̅ = 3,7 dengan kategori “sangat valid” pada uji media dan nilai indeks x ̅ = 3,4 dengan kategori “sangat valid” pada uji materi menunjukkan kelayakan isi aplikasi. Kesimpulannya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dan dinyatakan valid layak di uji cobakan di lapangan untuk mengetahui kepraktisan media. Hasil uji coba ini dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek 10 orang siswa, dan uji coba kelompok terbatas dengan jumlah subjek 20 orang siswa dan hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa hasil media pembelajaran Smart Apps Creator praktis digunakan dan telah memenuhi kriteria.
ABSTRACT
This research is a Research & Development development research that produces valid and practical Android-based typing craft learning media for St. Catholic Elementary School students. Theresia Malalayang. The development of this learning media refers to the 4D development model (Four-D Model). It consists of 4 stages, namely: defining, (defining) design, (designing) developing, (development), and disseminating (distribution), but researchers only focus on the development or development stage because the dissemination stage takes quite a long time. This research was tested by an expert lecturer in Informatics Engineering Education from Manado State University and a teacher of typing crafts at St. Catholic Elementary School. Theresia Malalayang. The test results show that this application received an index value of x ̅ = 3.7 in the "very valid" category in the media test and an index value of x ̅ = 3.4 in the "very valid" category in the material test indicating the suitability of the application content. In conclusion, the results of this research show that the media developed after validation and being declared valid is worthy of being tested in the field to determine the practicality of the media. The results of this trial were carried out in two stages, namely a small group trial with 10 students as subjects, and a limited group trial with 20 students as subjects, and the results of the trial showed that the results of the Smart Apps Creator learning media were practical to use and met the criteria.
References
Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Astuti, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) DI SMPN 12 bulukumba.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android Dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas xi man 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan (online). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.
Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 359–373.
Sari, D. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Sari, R. A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Pada Pembelajaran Ipa Materi Menjelajah Angkasa Luar Di Kelas Vi Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wardiyan, T. N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis TIK Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. 1–314.
Yuhelman, N. (2016). Media Dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34-46.
Zuhriyah, S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Mi Mambaul Ma’Arif Jombang. Undergraduate Thesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.