Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Nilai Mean Opinion Score (MOS) (Studi Kasus: Coffee Tanem Salatiga)

Authors

  • Reidel Claudio Egaliao Pantouw Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Internet, Website, QoS, MOS, Kepuasan Pelanggan

Abstract

ABSTRAK

Adanya fasilitas layanan internet pada bidang usaha seperti dalam bisini kedai kopi merupakan salah satu dampak yang diberikan dari perkembangan internet saat ini. Coffee Tanem merupakan salah satu kedai kopi di kota Salatiga yang berada di dua lokasi, yaitu di Jl. Jend. Sudirman dan di Jl. Monginsidi yang dimana masing-masing lokasi telah menyediakan layanan internet bagi para pelanggan. Diperlukan kualitas jaringan internet yang stabil agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan ketika menggunakan jaringan internet yang ada. Pengukuran Quality of Server (QoS)  jaringan internet dengan parameter packet loss, delay, jitter dan juga dengan melihat waktu respon dari website yang diakses dilakukan untuk mengetahui kualitas jaringan internet yang ada. Dilakukan juga survei terkait dengan alasan pelanggan datang ke Coffee Tanem dan juga website apa yang sering diakses serta bagaimana pengalaman dan kepuasan pelanggan ketika menggunakan jaringan internet disana berdasarkan nilai Mean Opinion Score (MOS). Dari pengukuran QoS yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa di kedua lokasi Coffee Tanem, parameter packet loss, delay dan jitter menunjukan hasil yang “Sangat Baik” pada kedua website yang diukur, dan juga memiliki waktu respon < 0,1 detik pada website Youtube dan < 1 detik pada website Instagram, dan juga hasil survei yang dilakukan didapatkan bahwa fasilitas layanan internet menjadi alasan pelanggan untuk datang ke Coffee Tanem, sementara pada pengalaman pelanggan terhadap website yang diakses, Coffee Tanem Jl. Jend. Sudirman berada pada kategori “Cukup” sedangkan di Jl. Monginsidi pada kategori “Baik” dan untuk hasil terhadap kepuasan pelanggan dikedua lokasi Coffee Tanem berada pada ketegori “Baik”.

ABSTRACT

The existence of internet service facilities in business sectors such as coffee shops is one of the impacts of current internet developments. Coffee Tanem is a coffee shop in the city of Salatiga which is located in two locations, namely on Jl. Gen. Sudirman and on Jl. Monginsidi, where each location provides internet services for customers. Stable internet network quality is needed to provide satisfaction to customers when using the existing internet network. Measuring the Quality of Server (QoS) of the internet network using packet loss, delay, jitter parameters and also by looking at the response time of the website being accessed is carried out to determine the quality of the existing internet network. A survey was also conducted regarding the reasons why customers come to Coffee Tanem and also what websites are frequently accessed and what the customer experience and satisfaction is when using the internet network there based on the Mean Opinion Score (MOS) value. From the QoS measurements carried out, the results obtained show that at both Coffee Tanem locations, the packet loss, delay and jitter parameters show "Very Good" results on the two websites measured, and also have a response time of <0.1 seconds on the YouTube website and < 1 second on the Instagram website, and also the results of the survey conducted showed that internet service facilities were the reason customers came to Coffee Tanem, while the customer experience of the website accessed, Coffee Tanem Jl. Gen. Sudirman is in the "Enough" category, while on Jl. Monginsidi is in the "Good" category and the results regarding customer satisfaction at both Coffee Tanem locations are in the "Good" category.

References

Ahson, S., & Ilyas, M. (2018). WiMAX Applications. Boca Raton: CRC Press.

Arief Agus Sukmandhani, S. M. (2020, Juni 15). QoS (Quality of Service. (BINUS UNIVERSITY ONLINE LEARNING Computer Science) Dipetik Januari 28, 2024, dari https://onlinelearning.binus.ac.id/computer-science/post/qos-quality-of-services

Djaali, P. D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATF. Rawamangun: PT. Bumi Aksara.

ETSI. (1999). Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS).

Fahmi, H. (2018). ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) PENGUKURAN DELAY, JITTER, PACKET LOST DAN THROUGHPUT UNTUK MENDAPATKAN KUALITAS KERJA RADIO STREAMING YANG BAIK. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 7(2), 98-105.

Fery. (2019, Mei 13). Response Time Testing. (BINUS UNIVERSITY School of Information System) Dipetik Februari 08, 2024, dari https://sis.binus.ac.id/2019/05/13/response-time-testing/

Hardiyanto, A., Saputra, M. E., Rahmania, & Wahyuningsi, R. T. (2023). ANALISIS QUALITY OF SERVICE LAYANAN JARINGAN 4G PADA AREA URBAN DAN RURAL. Jurnal Multidisiplin Saintek, 01(04), 83-98.

Indrasari, D. M. (2019). PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: UNITOMO PRESS.

ITU-T. (1999). Application of the E-model: A planning guide. ITU-T Recommendation G.108.

ITU-T. (2005). The E-model, a computational model for use in transmission planning. ITU-T Recommendation G.107.

Purwahid, M., & Triloka, J. (2019). Analisis Quality of Service (QOS) Jaringan Internet Untuk Mendukung Rencana Strategis Infrastruktur Jaringan Komputer Di SMK N I Sukadana. JTKSI, 02(03), 100-109.

Rusito, S. M. (2021). TEKNOLOGI INTERNET Dasar Internet, Internet of Things (IOT) dan Bahasa HTML. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Sasongko, S. R. (2021). FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL ILMU MANAJEMEN TERAPAN, 3(1), 106.

Suwarya, F. M. (2021). KOLABORASI APLIKASI DAN PEMANFAATAN INTERNET. Indramayu: Guepedia.

Syah, A. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN KEPUASAN PELANGGAN. Kabupaten Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2022). MANAJEMEN DAN STRATEGI KEPUASAN PELANGGAN. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Pantouw, R. C. E. (2024). Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Nilai Mean Opinion Score (MOS) (Studi Kasus: Coffee Tanem Salatiga). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 29-41. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/9215