Analisis Quality of Service QoS Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Nilai Mean Opinion Score MOS Studi Kasus: Coffee Tanem Salatiga

Authors

  • Reidel Claudio Egaliao Pantouw Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.9215

Keywords:

Internet, Website, QoS, MOS, Kepuasan Pelanggan

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Adanya fasilitas layanan internet pada bidang usaha seperti dalam bisini kedai kopi merupakan salah satu dampak yang diberikan dari perkembangan internet saat ini Coffee Tanem merupakan salah satu kedai kopi di kota Salatiga yang berada di dua lokasi yaitu di Jl Jend Sudirman dan di Jl Monginsidi yang dimana masing masing lokasi telah menyediakan layanan internet bagi para pelanggan Diperlukan kualitas jaringan internet yang stabil agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan ketika menggunakan jaringan internet yang ada Pengukuran Quality of Server QoS nbsp; jaringan internet dengan parameter packet loss delay jitter dan juga dengan melihat waktu respon dari website yang diakses dilakukan untuk mengetahui kualitas jaringan internet yang ada Dilakukan juga survei terkait dengan alasan pelanggan datang ke Coffee Tanem dan juga website apa yang sering diakses serta bagaimana pengalaman dan kepuasan pelanggan ketika menggunakan jaringan internet disana berdasarkan nilai Mean Opinion Score MOS Dari pengukuran QoS yang dilakukan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa di kedua lokasi Coffee Tanem parameter packet loss delay dan jitter menunjukan hasil yang Sangat Baik pada kedua website yang diukur dan juga memiliki waktu respon lt; 0 1 detik pada website Youtube dan lt; 1 detik pada website Instagram dan juga hasil survei yang dilakukan didapatkan bahwa fasilitas layanan internet menjadi alasan pelanggan untuk datang ke Coffee Tanem sementara pada pengalaman pelanggan terhadap website yang diakses Coffee Tanem Jl Jend Sudirman berada pada kategori Cukup sedangkan di Jl Monginsidi pada kategori Baik dan untuk hasil terhadap kepuasan pelanggan dikedua lokasi Coffee Tanem berada pada ketegori Baik < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

The existence of internet service facilities in business sectors such as coffee shops is one of the impacts of current internet developments Coffee Tanem is a coffee shop in the city of Salatiga which is located in two locations namely on Jl Gen Sudirman and on Jl Monginsidi where each location provides internet services for customers Stable internet network quality is needed to provide satisfaction to customers when using the existing internet network Measuring the Quality of Server QoS of the internet network using packet loss delay jitter parameters and also by looking at the response time of the website being accessed is carried out to determine the quality of the existing internet network A survey was also conducted regarding the reasons why customers come to Coffee Tanem and also what websites are frequently accessed and what the customer experience and satisfaction is when using the internet network there based on the Mean Opinion Score MOS value From the QoS measurements carried out the results obtained show that at both Coffee Tanem locations the packet loss delay and jitter parameters show Very Good results on the two websites measured and also have a response time of lt;0 1 seconds on the YouTube website and lt; 1 second on the Instagram website and also the results of the survey conducted showed that internet service facilities were the reason customers came to Coffee Tanem while the customer experience of the website accessed Coffee Tanem Jl Gen Sudirman is in the Enough category while on Jl Monginsidi is in the Good category and the results regarding customer satisfaction at both Coffee Tanem locations are in the Good category < em>< p>

References

Ahson S Ilyas M 2018 WiMAX Applications Boca Raton: CRC Press

Arief Agus Sukmandhani S M 2020 Juni 15 QoS Quality of Service BINUS UNIVERSITY ONLINE LEARNING Computer Science Dipetik Januari 28 2024 dari https: onlinelearning binus ac id computer science post qos quality of services

Djaali P D 2021 METODE PENELITIAN KUANTITATF Rawamangun: PT Bumi Aksara

ETSI 1999 Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks TIPHON ; General aspects of Quality of Service QoS

Fahmi H 2018 ANALISIS QOS QUALITY OF SERVICE PENGUKURAN DELAY JITTER PACKET LOST DAN THROUGHPUT UNTUK MENDAPATKAN KUALITAS KERJA RADIO STREAMING YANG BAIK JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 7 2 98 105

Fery 2019 Mei 13 Response Time Testing BINUS UNIVERSITY School of Information System Dipetik Februari 08 2024 dari https: sis binus ac id 2019 05 13 response time testing

Hardiyanto A Saputra M E Rahmania Wahyuningsi R T 2023 ANALISIS QUALITY OF SERVICE LAYANAN JARINGAN 4G PADA AREA URBAN DAN RURAL Jurnal Multidisiplin Saintek 01 04 83 98

Indrasari D M 2019 PEMASARAN KEPUASAN PELANGGAN Surabaya: UNITOMO PRESS

ITU T 1999 Application of the E model: A planning guide ITU T Recommendation G 108

ITU T 2005 The E model a computational model for use in transmission planning ITU T Recommendation G 107

Purwahid M Triloka J 2019 Analisis Quality of Service QOS Jaringan Internet Untuk Mendukung Rencana Strategis Infrastruktur Jaringan Komputer Di SMK N I Sukadana JTKSI 02 03 100 109

Rusito S M 2021 TEKNOLOGI INTERNET Dasar Internet Internet of Things IOT dan Bahasa HTML Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik

Sasongko S R 2021 FAKTOR FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN JURNAL ILMU MANAJEMEN TERAPAN 3 1 106

Suwarya F M 2021 KOLABORASI APLIKASI DAN PEMANFAATAN INTERNET Indramayu: Guepedia

Syah A 2021 MANAJEMEN PEMASARAN KEPUASAN PELANGGAN Kabupaten Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Tjiptono F Diana A 2022 MANAJEMEN DAN STRATEGI KEPUASAN PELANGGAN Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Analisis Quality of Service QoS Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Nilai Mean Opinion Score MOS Studi Kasus: Coffee Tanem Salatiga . (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 29 41. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.9215