Penggunaan Aplikasi LW Learning Berbasis PHP Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTsS PUI Kancana
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.9391Keywords:
lw-learning, PTK, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk Membuktikan dampak penggunaan aplikasi lw learning berbasis PHP terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan PKn materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 pada MTsS PUI Kancana Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas Melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran sebelumnya dapat mencapai tujuan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa Pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus Dari penelitian dihasilkan bahwa penggunaan aplikasi lw learning berbasis PHP di kelas XI MTs PUI Kancana pada Tahun Pelajaran 2023 2024 telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan PKn materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 dengan prosentase perolehan ketuntasan pada siklus I sebesar 36 pada siklus II menjadi 100 dan diikuti dengan meningkatnya tingkat minat belajar siswa pada siklus I yaitu ranah perhatian siswa 64 keterlibatan siswa 66 rasa senang 72 dan ketertarikan siswa 66 pada siklus II ranah perhatian siswa 94 keterlibatan siswa 91 rasa senang 90 dan ketertarikan siswa 93 < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aims to prove the impact of using the PHP based lw learning application on improving the learning outcomes of class IX students in the Citizenship Education PKn study area regarding the meaning of the opening paragraph of the 1945 Constitution at MTsS PUI Kancana The research method used is classroom action research Through classroom action research it is hoped that it can improve conditions in which previous learning practices can achieve the goal of improving student learning outcomes Implementation of this activity was carried out in two cycles From the research it was found that the use of the PHP based lw learning application in class cycle I was 36 in cycle II to 100 which was followed by an increase in the level of student interest in learning in cycle I namely in the domain of student attention 64 involvement in learning 66 enjoyment 72 and interest in learning 66 in cycle II the domain student attention 94 involvement in learning 91 enjoyment 90 and interest in learning 93 < em>< p>
References
Bate e Z Palilingan V R Mewengkang A 2023 Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 5 638 648
Igirisa H Olii D Rianto I 2023 Pengembangan Sistem Informasi Learning Management System LMS Berbasis Web di SMK Negeri 1 Pusomaen Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 5 625 637
Malolo Y T S Olii D Manggopa H K 2023 Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dasar dasar Desain Komunikasi Visual Siswa SMK Negeri 1 Tondano Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 5 617 624
Nanda I 2021 Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif Indra Nanda
Panjaitan W A Simarmata E J Sipayung R Silaban P J 2020 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 4 4 https: doi org 10 31004 basicedu v4i4 549
Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 20 JDIH Kemendikbud 2018
Pristiwanti D Badariah B Hidayat S Dewi R S 2022 Pengertian Pendidikan Jurnal Pendidikan Konseling 4 6
Purwoko A A Burhanuddin B Andayani Y Hadisaputra S Yulianti L Fitri Z N Pariza D 2021 Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa Prosiding SAINTEK 3 94 102
Ramadhan M A 2022 Metode ceramah untuk pembelajaran Jurnal Pendidikan
Selwood I Twining P 2019 MODEL MODEL DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Pada Taylorfrancis Com 3 May 1 12
Sukardi H M 2022 Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: Implementasi dan pengembangannya In Jakarta: Buki Aksara
Sunarti S 2021 METODE MENGAJAR KREATIF DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN Jurnal Perspektif 13 2 https: doi org 10 53746 perspektif v13i2 16
Tritjahjo D 2019 Penelitian Tindakan Kelas Jurnal Pendidikan
Undang Undang Sisdiknas 2003 Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 In Zitteliana Vol 19 Issue 8
Wahab G Rosnawati 2021 TEORI TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN H A Zanki Ed Indramayu : Adab
