Penggunaan Aplikasi LW-Learning Berbasis PHP Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTsS PUI Kancana

Authors

  • Iping Jurusan Pendidikan Teknik Informasi dan Komunikasi, STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Asep Mahpudin Jurusan Pendidikan Teknik Informasi dan Komunikasi, STKIP Muhammadiyah Kuningan

Keywords:

lw-learning, PTK, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk Membuktikan dampak penggunaan aplikasi lw-learning berbasis PHP terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 pada MTsS PUI Kancana. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, Melalui penelitian tindakan kelas, diharapkan dapat memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran sebelumnya dapat mencapai tujuan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus. Dari penelitian dihasilkan, bahwa penggunaan aplikasi lw-learning berbasis PHP di kelas XI MTs PUI Kancana pada Tahun Pelajaran 2023/2024 telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 dengan prosentase perolehan ketuntasan pada siklus I sebesar 36% pada siklus II menjadi 100% dan diikuti dengan meningkatnya tingkat minat belajar siswa pada siklus I yaitu ranah perhatian siswa 64%, keterlibatan siswa 66%, rasa senang 72% dan ketertarikan siswa 66% , pada siklus II ranah perhatian siswa 94%, keterlibatan siswa 91%, rasa senang 90% dan ketertarikan siswa 93%.

ABSTRACT

 This research aims to prove the impact of using the PHP-based lw-learning application on improving the learning outcomes of class IX students in the Citizenship Education (PKn) study area regarding the meaning of the opening paragraph of the 1945 Constitution at MTsS PUI Kancana. The research method used is classroom action research. Through classroom action research, it is hoped that it can improve conditions in which previous learning practices can achieve the goal of improving student learning outcomes. Implementation of this activity was carried out in two cycles. From the research, it was found that the use of the PHP-based lw-learning application in class cycle I was 36% in cycle II to 100% which was followed by an increase in the level of student interest in learning in cycle I, namely in the domain of student attention 64%, involvement in learning 66%, enjoyment 72% and interest in learning 66%, in cycle II the domain student attention 94%, involvement in learning 91%, enjoyment 90% and interest in learning 93%.

References

Bate’e, Z., Palilingan, V. R., & Mewengkang, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(5), 638-648.

Igirisa, H., Olii, D., & Rianto, I. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Learning Management System (LMS) Berbasis Web di SMK Negeri 1 Pusomaen. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(5), 625-637.

Malolo, Y. T. S., Olii, D., & Manggopa, H. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual Siswa SMK Negeri 1 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(5), 617-624.

Nanda, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indra Nanda.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018, 20 JDIH Kemendikbud (2018).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(6).

Purwoko, A. A., Burhanuddin, B., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., & Pariza, D. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK, 3, 94-102.

Ramadhan, M. A. (2022). Metode ceramah untuk pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Selwood, I., & Twining, P. (2019). MODEL-MODEL DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Pada. Taylorfrancis.Com, 3(May), 1–12.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: Implementasi dan pengembangannya. In Jakarta: Buki Aksara.

Sunarti, S. (2021). METODE MENGAJAR KREATIF DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN. Jurnal Perspektif, 13(2). https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.16

Tritjahjo, D. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan.

Undang-Undang Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. In Zitteliana (Vol. 19, Issue 8).

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). TEORI - TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (H. A. Zanki, Ed.). Indramayu : Adab.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Iping, & Mahpudin, A. (2024). Penggunaan Aplikasi LW-Learning Berbasis PHP Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTsS PUI Kancana. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 42-53. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/9391