Perancangan Aplikasi Obyek Wisata Berbasis Mobile di Likupang Minahasa Utara
Keywords:
Waterfall, Wisata, Aplikasi MobileAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile yang menyediakan panduan komprehensif tentang destinasi wisata di Likupang, Minahasa Utara, yang telah diakui sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi akurat dan berguna mengenai objek wisata teratas di Likupang, termasuk ulasan, peringkat pengunjung, dan navigasi terintegrasi melalui peta interaktif yang terhubung dengan Google Maps. Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang mampu memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka, meningkatkan pengalaman wisata, serta berpotensi memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan kelestarian lingkungan. Kajian terhadap penelitian terdahulu menunjukkan pentingnya penggunaan teknologi digital dalam memaksimalkan potensi pariwisata dan mengoptimalkan pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna menyatakan puas terhadap aplikasi “Manjo ke Likupang” dengan skor skala likert sebesar 4.01. Penelitian ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan aplikasi untuk melihat rating destinasi wisata yang ingin dituju.
ABSTRACT
This study aims to design a mobile application that provides a comprehensive guide to tourist destinations in Likupang, North Minahasa, which has been recognized as one of the five super-priority destinations in Indonesia by the Ministry of Tourism and Creative Economy. The application aims to provide accurate and useful information about the top tourist attractions in Likupang, including reviews, visitor ratings, and integrated navigation through interactive maps connected to Google Maps. This study employs the waterfall method, which includes the stages of requirement analysis, design, implementation, and testing. The results indicate that the designed application can facilitate tourists in planning their trips, enhance their travel experience, and potentially have a positive impact on the local economy and environmental sustainability. A review of previous studies highlights the importance of digital technology in maximizing tourism potential and optimizing user experience. The study's findings show that users are satisfied with the "Manjo ke Likupang" application, with a Likert scale score of 4.01. This research demonstrates that Indonesians need an application to view ratings of the tourist destinations they intend to visit.
References
Fandeli, C. (1995). Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Hendriawan, M., Budiman, T., Yasin, V., & Rini, A. S. (2021). Pengembangan aplikasi e-commerce di pt. putra sumber abadi menggunakan flutter. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 5(1), 69-88.
Kalua, A. L., Pongantung, G. E. M., & Salaki, D. T. (2023). Sistem Informasi Pariwisata Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Berbasis Web GIS. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 24-32.
Krisnada, F. E., & Tanone, R. (2019). Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 5(3).
Lolowang, F., & Leonardus R. (2017) "Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Alam Pulisan Kabupaten Minahasa Utara." AGRI-SOSIOEKONOMI 13.1A.
Palilingan, K. Y., Santoso, A. J., & Rahayu, F. S. (2015). Perancangan aplikasi pencarian tempat wisata berbasis lokasi menggunakan metode user centered design (UCD)(studi kasus: kabupaten minahasa). ReTII.
Plainer, M. (2021). Practical Study of Visual Studio Code.
Setyawan, D., Refraugati, I., & Widiati, I. S. (2022). Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 8(1), 55-67.
Wihidayat, E. S. (2017). Pengembangan aplikasi android menggunakan integrated development environment (IDE) App In-ventor-2. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.