Perancangan Aplikasi Obyek Wisata Berbasis Mobile di Likupang Minahasa Utara

Authors

  • Patrick Najoan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indrastanti Widiasari Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.9401

Keywords:

Waterfall, Wisata, Aplikasi Mobile

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile yang menyediakan panduan komprehensif tentang destinasi wisata di Likupang Minahasa Utara yang telah diakui sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi akurat dan berguna mengenai objek wisata teratas di Likupang termasuk ulasan peringkat pengunjung dan navigasi terintegrasi melalui peta interaktif yang terhubung dengan Google Maps Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang meliputi tahap analisis kebutuhan perancangan implementasi dan pengujian Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang mampu memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka meningkatkan pengalaman wisata serta berpotensi memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan kelestarian lingkungan Kajian terhadap penelitian terdahulu menunjukkan pentingnya penggunaan teknologi digital dalam memaksimalkan potensi pariwisata dan mengoptimalkan pengalaman pengguna Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna menyatakan puas terhadap aplikasi Manjo ke Likupang dengan skor skala likert sebesar 4 01 Penelitian ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan aplikasi untuk melihat rating destinasi wisata yang ingin dituju < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This study aims to design a mobile application that provides a comprehensive guide to tourist destinations in Likupang North Minahasa which has been recognized as one of the five super priority destinations in Indonesia by the Ministry of Tourism and Creative Economy The application aims to provide accurate and useful information about the top tourist attractions in Likupang including reviews visitor ratings and integrated navigation through interactive maps connected to Google Maps This study employs the waterfall method which includes the stages of requirement analysis design implementation and testing The results indicate that the designed application can facilitate tourists in planning their trips enhance their travel experience and potentially have a positive impact on the local economy and environmental sustainability A review of previous studies highlights the importance of digital technology in maximizing tourism potential and optimizing user experience The study s findings show that users are satisfied with the Manjo ke Likupang application with a Likert scale score of 4 01 This research demonstrates that Indonesians need an application to view ratings of the tourist destinations they intend to visit < em>< p>

References

Fandeli C 1995 Dasar Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam Yogyakarta: Penerbit Liberty

Hendriawan M Budiman T Yasin V Rini A S 2021 Pengembangan aplikasi e commerce di pt putra sumber abadi menggunakan flutter JISICOM Journal of Information System Informatics and Computing 5 1 69 88

Kalua A L Pongantung G E M Salaki D T 2023 Sistem Informasi Pariwisata Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Berbasis Web GIS Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi 3 1 24 32

Krisnada F E Tanone R 2019 Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 5 3

Lolowang F Leonardus R 2017 Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Alam Pulisan Kabupaten Minahasa Utara AGRI SOSIOEKONOMI 13 1A

Palilingan K Y Santoso A J Rahayu F S 2015 Perancangan aplikasi pencarian tempat wisata berbasis lokasi menggunakan metode user centered design UCD studi kasus: kabupaten minahasa ReTII

Plainer M 2021 Practical Study of Visual Studio Code

Setyawan D Refraugati I Widiati I S 2022 Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile Jurnal Ilmiah IT CIDA 8 1 55 67

Wihidayat E S 2017 Pengembangan aplikasi android menggunakan integrated development environment IDE App In ventor 2 Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika 4 1 1 12

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Perancangan Aplikasi Obyek Wisata Berbasis Mobile di Likupang Minahasa Utara. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 54 64. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.9401