PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN Di PUSKESMAS PAPAKELAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/ejkmu.vi.1125Keywords:
Mutu Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, PuskesmasAbstract
Kepuasan pasien merupakan cerminan dari kualitas atau mutu pelayanan kesehatan yang diterima. Semakin bermutu pelayanan kesehatan yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula kepuasan yang akan dimiliki pasien.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas papakelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil melalui metode teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji statistik product moment pearson yang hasilnya digambarkan dalam tabel distribusi frekuensi. Dan diperoleh hasil mutu pelayanan p=0,000. Ini menunjukkan Mutu Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dan mempunyai thitung = 29,465 lebih besar dari ttabel = 2,048. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang mengatakan bahwa Mutu Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Papakelan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lingkan Rombon, Beatrix Podung, Prycilia Mamuaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.