PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN Di PUSKESMAS PAPAKELAN

Authors

  • Lingkan Rombon Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unima
  • Beatrix Podung Prodi IKM Unima
  • Prycilia Mamuaja Prodi IKM Unima

DOI:

https://doi.org/10.53682/ejkmu.vi.1125

Keywords:

Mutu Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Puskesmas

Abstract

Kepuasan pasien merupakan cerminan dari kualitas atau mutu pelayanan kesehatan yang diterima. Semakin bermutu pelayanan kesehatan yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula kepuasan yang akan dimiliki pasien.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas papakelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil melalui metode teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji statistik product moment pearson  yang hasilnya digambarkan dalam tabel distribusi frekuensi. Dan  diperoleh hasil mutu pelayanan p=0,000. Ini menunjukkan Mutu Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dan mempunyai thitung  = 29,465 lebih besar dari ttabel = 2,048. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang mengatakan bahwa Mutu Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Papakelan.

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles