HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD CENDRAWASI DOBO KABUPATEN KEPULAUAN ARU
DOI:
https://doi.org/10.53682/ejkmu.vi.1889Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, sehingga diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali dalam biaya dan kualitas pelayanan yang diberikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang pentingnya kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Cenderawasih Dobo. Analisis data yang digunakan adalah bivariat dan univariat. Kualitas Pelayanan RS Cenderawasih Dobo Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan terhadap 40 responden pasien rawat inap RS Cenderawasih Dobo terlihat bahwa sebagian besar responden menilai kualitas pelayanan. RS Cenderawasih Dobo memiliki kategori baik yaitu 27 responden atau 67,5%, sedangkan 12 responden cukup baik atau 30%, dan kurang baik 1 orang dengan persentase 2,5%. Begitu pula sebaliknya dengan Kepuasan Pasien di RSUD Cenderawasih Dobo dari 40 responden pasien rawat inap yang berobat di RSUD Cenderawasih Dobo, sebesar 57,5%, sedangkan kategori puas sebanyak 16 responden atau 40,0% dan kategori tidak puas sebanyak 1 responden atau 2,5%. Hasil analisis menggunakan uji Chi-Squrae menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 atau nilai p lebih kecil dari nilai yaitu 0,05 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap. di RS Cenderawasih Dobo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 MARTHA SELFANAY, Christian Bertom Pajung, I Wayan Suarjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.