HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA KELAS V - VI di SD GMIM WUWUK
Keywords:
Pengetahuan, Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun, SD GMIM WUWUKAbstract
Abstrak
Perilaku cuci tangan telebih cuci tangan pakai sabun merupakan sasaran penting dalam promosi kesehatan, khususnya terkait perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku cuci tangan pakai sabun ternyata buka merupakan perilaku yang biasa dilakukan sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya. Sebagai populasi yang rentan terserang penyakit, 3,5 juta anak-anak diseluruh dunia meninggal setiap tahunnya karena penyakit ISPA dan diare dan menjadikannya penyebab utama kematian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa kelas V - VI SD GMIM Wuwuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V - VI yang berjumlah 36 orang. Sampel diambil dengan menggunakan metode Total Sampling. Uji statistik yang dipakai yaitu uji chi-square.
Hasil Penelitian menunjukkan Variabel Pengetahuan dengan kategori tinggi ada 80,5% atau 29 responden. Variabel Perilaku cuci tangan pakai sabun yang baik ada 50,0% atau 18 responden dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa kelas V-VI SD GMIM Wuwuk dengan nilai p 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Terdapat Hubungan antara Pengetahuan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas V-VI SD GMIM Wuwuk
Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku Cuci tangan pakai sabun dan SD GMIM Wuwuk.
Abstract
Hand washing behavior especially hand washing with soap is an important target in health promotion, especially related to clean and healthy living behavior. The behavior of washing hands with soap turns out to be a behavior that is usually carried out by the community in general. As a population that is vulnerable to disease, 3.5 million children worldwide die each year due to ARI and diarrheal diseases and make it the main cause of child mortality. This study aims to determine whether there is a relationship between knowledge and the behavior of washing hands with soap in grades V - VI SD GMIM Wuwuk. The population in this study were all students of class V - VI, amounting to 36 people. Samples were taken using the Total Sampling method. The statistical test used is the chi-square test. The results showed that there were 80.5% or 29 respondents in the Knowledge Variable with high category. The variable of good hand washing behavior with soap was 50.0% or 18 respondents and there was a significant relationship between knowledge and hand washing behavior with soap in class V-VI SD GMIM Wuwuk with a p value of 0.000. The conclusion of this study is that there is a relationship between knowledge and behavior of washing hands with soap in class V-VI students of SD GMIM Wuwuk
Keywords: Knowledge, Hand washing behavior with soap and GMIM Wuwuk Elementary School.