HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA MENGAJAR PADA GURU SD KECAMATAN AMURANG TIMUR
Keywords:
Beban Kerja, Kelelahan Kerja, Guru Sekolah DasarAbstract
Abstrak
Beban kerja guru mencakup merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan. Kelelahan kerja adalah keadaan karyawan yang mengakibatkan terjadinya penurunan vitalitas dan produktivitas kerja akibat faktor pekerjaan. Kelelahan kerja akan menurunkan kinerja dan menambah tingkat kesalahan kerja. Meningkatnya kesalahan kerja akan memberikan peluang terjadinya kecelakaan kerja dalam industri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar guru SD di kecamatan Amurang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey menggunakan meotde penelitian kuantitatif melalui pendekatan explanatory research. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil melalui metode total sampling. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis statistik chi-square yang menunjukan hasil terdapat hubungan signifikan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar guru SD di kecamatan Amurang Timur dengan nilai p = .000 atau p < 0,05
Kata Kunci : Beban Kerja, Kelelahan Kerja, Guru Sekolah Dasar
Abstract
The teacher's workload includes planning lessons, implementing lessons, assessing learning outcomes, guiding and training students, and carrying out additional tasks. Work fatigue is a condition of employees that results in a decrease in work vitality and productivity due to work factors. Work fatigue will reduce and increase the level of work errors. Work errors will provide an opportunity for work accidents in the industry. This study aims to determine the relationship between work and work fatigue teaching elementary school teachers in East Amurang sub-district. The method used in this research is a survey using quantitative research methods through an explanatory research approach. Respondents in this study found 30 people who were taken through the total sampling method. The method of data collection was carried out by filling out a questionnaire. Data analysis was carried out using the chi-square statistical analysis test which showed a significant relationship between workload and work fatigue for teaching elementary school teachers in Amurang Timur sub-district with a value of p = .000 or p <0.05
Keywords: Workload, Work Fatigue, Elementary School Teacher