PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BIAK NUMFOR
DOI:
https://doi.org/10.53682/ejkmu.v1i3.89Keywords:
jurnal ilmiah, EPIDEMIA, Bauran Pemasaran, Kepuasan PasienAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan
pasien rawat inap. Desain penelitian ada kuantitatif dengan rancangan cross sectional study.
Pupulasi pada penelitian ini berjumlah 13,538 dan total sampel yang diperoleh berjumlah 100
responden. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen yaitu kuesioner dengan pendekatan
observasi atau wawancara. Hasil penelitian menunjukkan karateristik responden, usia dewasa
sebesar (30%), jenis kelamin perempuan terbanyak sebesar (52%), pendidikan terakhir SMA sebesar
(52%), pekerjaan sebagai PNS (26%) dan ibu rumah tangga sebesar (30%). Hasil analisis product
(nilai p=0,000), promotion (nilai p=0,507), place (nilai p=0,009), profesional (nilai p=0,006).
Variabel yang paling signifikan adalah variabel product, place dan profesional, dan variabel yang
paling berpengaruh adalah variabel product (nilai p=0,009).
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien