PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Boby A. Lompoliuw Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Romi J. Mongdong Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Jasin Taher Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara

Keywords:

Metode Pembelajaran Reading Guide, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Metode pembelajaran reading guide dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tataaran pada Mata Pelajaran IPS tahun pelajaran 2021/2022. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran IPS dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Reading Guide.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode cerita. Penyampaian materi IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide, Siklus I aktivitas peserta didik adalah 62,05% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 74,15%. 2). Hasil belajar IPS peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok bertumbuh menjadi dewasa. Pra siklus di peroleh nilai rata-rata 68,08 dengan ketuntasan belajar 58,3%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,29 dengan ketuntasan belajar 70,83%  dan meningkat menjadi 71,62 dengan ketuntasan 87,5%

Downloads

Published

2022-11-11