PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Metode Role play, Aktivitas belajar, Prestasi Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga diharapkan dengan metode pengajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Subjek penelitian dalam hal ini adalah siswa kelas VI SD GMIM 2 Tomohon. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang digunakan dalam penelitian adalah siswa yang memiliki prestasi belajar bahasa Indonesia rendah.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SD GMIM 2 Tomohon dapat ditingkatkan dengan bimbingan belajar melalui role playing. Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus I dibandingkan dengan tes awal menunjukkan belum terjadi peningkatan yang berarti. Hal ini ditunjukkan skor pada indikator kemampuan berbahasa, kemampuan membaca, kemampuan mendengar dan kemampuan tata Bahasa belum mencapai 50 %. Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus II dibandingkan dengan tes awal terjadi peningkatan, tetapi belum mengalami perubahan yang berarti. Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus III dibandingkan dengan tes awal terjadi peningkatan dan sudah mengalami perubahan yang berarti. Hal ini ditunjukkan dengan skor masing-masing indikator mengalami perubahan 50%.