PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM INSTALASI REFRIGERASI SISWA KELAS XI

Authors

  • Andre ayub ense Andre ayub ense pendidikan teknik mesi /universitas negeri manado
  • Jemmy Charles Kewas Universitas Negeri Manado
  • Lenie Ratag Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1303

Keywords:

Problem based learning, Hasil Belajar

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM INSTALASI REFRIGERASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 BITUNG

Andre Ayub Ense ( 16205004) Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Unima E-Mail : ayubense @gmail.com
Dosen Pembimbing : I. Jemmy Charles Kewas, ST.MT
II. Dra.Lenie Ratag,M.Pd

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar sistem instalasi refrigerasi siswa jurusan teknik pendingin di SMK Negeri 5 Bitung.penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen termasuk desain pretest posttes eksperimen dengan menggunakan uji hipotesis, uji normalitas, dan uji t. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa Jurusan XI pendingin SMK Negeri 5 Bitung yang berjumlah 25 siswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Yang menjadi sampel penelitian sebanyak 25 siswa semester genap tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 21.
Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa ada pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa, dengan hitung hipotesis rata-rata hitung sebesar t tabel pada kelompok pretest dan posttest eksperimen df 49 (n-1) = 2,009, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem basedlearning adalah terdapat peningkatan prestasi belajar siswakelas XIpendingin SMK Negeri 5 Bitung dengan model penerapan problem based learning.Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles