PENGARUH MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TSM DI SMK NEGERI 1 SINONSAYANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1510Keywords:
Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
ARTIKEL
PENGARUH MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TSM DI SMK NEGERI 1 SINONSAYANG
Dr. H. M. Sumual, ST, M, Eng, David O. Mapaliey, ST, M. Eng. Arlan Hendra Mabel Pangaribuan
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu proses kegiatan pembentukan sikap kepribadian, keterampilan dan meningkatkan potensi diri setiap orang untuk menghadapi masa depan. Pada umumnya sikap kepribadian siswa ditentukan oleh pendidikan, pengalaman, dan latihan-latihan yang dilalui sejak kecil. Keadaan di SMK Negeri 1 Sinonsayang bahwa, minat belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran Teknologi dasar otomotif (PDO) terlihat dari aktifitas didalam kelas, kurang antusias dalam belajar dan mengerjakan soal saat diberikan guru, tidak mengerti apa yang akan dipelajari, dan tidak memahami mengapa sesuatu itu perlu dipelajari yang akhirnya kegiatan belajar-mengajar kurang efisien, siswa tidak kondusif pada saat guru menjelaskan. Dengan demikian tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu Mengetahui pengaruh minat belajar dengan hasil mengajar teknologi dasar otomotif Siswa Jurusan TSM SMK Negeri 1 Sinonsayang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dan hasil penelitian: diperoleh hasil Tingkat minat belajar siswa bernilai 4,02 dengan nilai rata-rata perasaan senang 4,23, nilai rata-rata terendah berada pada keterlibatan siswa 3,71. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Sinonsayang dikategorikan baik.
“Kata kunci: Pengaruh minat dengan hasil belajar teknologi dasar otomotif
ARTICLE
The effects of interest learn from the basic automotive technology of the x TSM class in SMK NEGERI 1 SINONSAYANG
Dr. H. M. Sumual, ST, M, Eng, David O. Mapaliey, ST, M. Eng. Arlan Hendra Mabel Pangaribuan
ABSTRACT
Education is one of the processes of shaping personality attitudes, skills and improving each person's potential for what lies ahead. A student's personality attitude is generally determined by schooling, experiences, and exercises passed through from infancy. The circumstances in SMK Negeri 1 Sinonsayang are cumulative that students' interest in learning is low in basic automotive technology (pdo) are reflected in activities within the classroom, lack of enthusiasm for learning and working on the problem when given by the teacher, do not understand what to learn, and do not understand why something should be studied which is less efficient. The objective of this study is to see how the interest in learning results from teaching basic automotive technology for TSM SMK Negeri 1 Sinonsayang students of the 2019/2020 school year. The research method used is qualitative research. And research results: obtained results of the level of interest studying students are worth 4.02 with an average value of feeling 4.23, the lowest average value being on student involvement 3.71. This indicates that the studying interest of students in SMK Negeri1 Sinonsayang is categorized as good.
"Keywords: the effects of interest in learning basic automotive technology"