The Effect of the team assisted individualization learning outcomes of basic automotive technology for students of class X SMK N 1 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.1564Keywords:
model pembelajaran, team assisted individualization, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualizationterhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X Smk N 1 tomohon. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan kelompok pree-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X TKR di Smk N 1 tomohon yang berjumlah 30 siswa. Jumlah sampel dari penelitian ini yaitu 15 siswa kelas biasa( kontrol) dan 15 siswa kelas eksperimen. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berbentuk soal objektif yang terdiri dari 20 soal. Setelah syarat pengujian terpenuhi yaitu data berdistribusi homogen dan normal selanjutnya melakukan uji hipotesis yang ,enggunakan uji T. hasil dari analisis data dengan tarafnyata 0,05 diperoleh = 4.1465 > =1.7613. yaitu terdpat pengaruh model pembelajaran team assisted individualizationterhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X Smk N 1 Tomohon
Kata kunci : pengaruh model pembelajaran team assisted individualization dan hasil belajar