PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKR DI SMK KRISTEN 1 TOMOHON

DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Putu Universitas Negeri Manado
  • Hendro Universitas Negeri Manado
  • Zuldesmi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Abstrak, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif  kelas X TKR Di SMK Kristen 1 Tomohon.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kristen 1 Tomohon Jurusan TKR. Jumblah sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa dari kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk soal objektif sebanyak 20 soal. Setelah uji persyaratan terpenuhi dimana data berdistribusi normal dan homogen, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T.

Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh  Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar TDO kelas X di SMK Kristen 1 Tomohon.

Downloads

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles