PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN DASAR OTOMOTIF SISWA SMK N 1 RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v3i1.2228Keywords:
Student Teams Achievement Division (STAD), Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada siwa kelas X TKR 1 SMKN 1 Ratahan yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Pre Exprerimental Design dengan bentuk penelitian One Group Pretest dan Posttest Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes yang berisi soal-soal objektif yang berjumlah 20. Instrumen penelitian ini bermaksud untuk mengukur besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar Pendidikan Dasar Otomotif kelas X TKR 1 SMKN 1 Ratahan.
Hasil penelitian ini menunjukan saat uni t (parsial) bahwa variabel Tipe Pembelajaran STAD memiliki nilai t0 (thitung) ≥ tα (ttabel) = 23.197 ≥ 1.724272 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap hasil belajar Pendidikan Dasar Otomotif kelas X TKR 1 SMKN 1 Ratahan.