PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 TOMOHON

MODEL PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

Authors

  • Marcelino Universitas Negeri Manado
  • Hendro Sumual Universitas Negeri Manado
  • Jemmy Kewas Universitas Negeri Manado

Keywords:

Abstrak, Video Tutorial, hasil Belajar, PMKR

Abstract

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengaruh model pembelajaran tutorial terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Kesimpulan   yang   diperoleh   dari   penelitian   ini  adalah:  pada kelas eksperimen diperoleh skor tes awal jumlah 1.295 dengan rata-rata 40,47 mengalami peningkatan jumlah skor tes akhir menjadi 2.570 dengan rata-rata 80,31. Nilai maksimum adalah 90 sedangkan nilai minimum 70. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh jumlah nilai sebanyak 1.220 dengan skor rata-rata 39,35, mengalami peningkatan pada postes dengan jumlah nilai 2.190 dengan rata-rata skor tes akhir 70,65. Nilai maksimum adalah  80 sedangkan nilai minimum 60. Pengujian hipotesis menggunakan uji t selisih dua rata-rata diperoleh thitung = 6,187 > t tabel = 1,697 pada taraf nyata (α) = 0,05. Karena nilai thitung = 6,187 > ttabel = 1,697 yang artinya Statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritiknya. Hal ini menunjukkan bahwa cukup bukti untuk menerima Ha dan menolak H0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Video Tutorial lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan metode konvensional pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Tomohon”

Downloads

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles