PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MESIN SEPEDA MOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 AIRMADIDI

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MESIN SEPEDA MOTOR TERHADAP

Authors

  • Minggu Universitas Negeri Manado
  • Zuldesmi Universitas Negeri Manado
  • Jemmy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Alat Peraga, Hasil Belajar, Mesin Sepeda Motor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Airmadidi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen.. Penentuan metode ini didasarkan data eksperimen yang dilakukan di SMK Negeri 1 Airmadidi. Kesimpulan   yang   diperoleh   dari   penelitian   ini  adalah:  (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan alat peraga hal ini dilihat pada pengujian r dengan rhitung > rtabel yaitu 0,521 > 0,374.  (2) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran setelah ditransformasikan kedalam uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung dibandingkan ttabel untuk mengetahui apakah H0 diterima atau ditolak. Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,351 > 1,671 pada tarap kepercayaan 95% dengan α 0,05 dan dk 58.

Downloads

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles