ARTIKEL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X SMK NEGERI 3 TAHUNA
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i1.2859Keywords:
Problem based learning, Hasil belajar, pekerjaan dasar teknik otomotifAbstract
Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Dalam dunia pendidikan sekolah merupakan tempat dimana terjadinya suatu interaksi belajar mengajar yang melibatkan guru sebagai pendidik dan murid sebagai peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik otomotif kelas X SMK Negeri 3 Tahuna. Rumusan masalah dalam Penelitian Penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 3 Tahuna. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X jurusan otomotif SMK Negeri 3 Tahuna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan di adakan tes. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rumus uji-t untuk melihat perbedaan nilai pre-test dan post-test. Dengan teknik penelitian menggunakan rumus uji-t yaitu: Analisis penggunaan uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05 Jika nilai Sig (2-tailed) < 0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil belajar pada data nilai pretest dan posttest. Jika nilai Sig (2-tailed) > 0.05 maka tidak terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil belajar pada data nilai pretest dan posttest. Karena terdapat perbedaan hasil belajar pekerjaan dasar Teknik otomotif pada pre-test dan post-test setelah menerapkan model Problem based learning. Jadi penerapan model pembelajaran Problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 3 Tahuna.