PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS XI Di SMK NEGERI 1 TUMPAAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i2.3077Keywords:
Online Learning, Automotive Basic Technology, Learning OutcomesAbstract
Tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian arahan, bantuan, petunjuk , dan motivasi agar siswa belajar secara efiesien dan efektif. Tutorial dapat diartikan pula sebagai pengajaran tambahan oleh tutor. Sedangkan tutor adalah orang yang memberi pelajaran kepada seseorang atau sejumlah kecil siswa. Pembelajaran online adalah metode yang paling efektif yang secara aktif melibatkan siswa dalam pembelajaran melalui Smartphone dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumpaan pada tahun ajaran 2020/2021 di kelas XI TKR dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Analisis data terhadap hasil belajar siswa, dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar yang didapatkan sebesar 66,27. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar belum mencapai KKM. Maka peneliti menlanjutkan siklus II dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,73 yang menunjukkan telah mencapai KKM.