PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 KAKAS
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i1.3725Keywords:
Cara Belajar, Hasil Belajar, Learning Outcomes, How to LearnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengeruh cara belajar terhaadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 1 Kakas, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X SMK N 1 Kakas yang berjumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan dengan survey. Angket/Kuesioner digunakan untuk variabel cara belajar dan untuk hasil belajar menggunakan dokumentasi berupa nilai siswa. Untuk metode analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif serta signiifikan antara Cara Belajar terhadap Hasil Belajar gambar teknik di SMK N 1 Kakas ditunjukan dengan mengunakan analisis regresi linier sederhana menunjukan bahwa besarnya nilai kolerasi/hubungan (R) yaitu 0,478 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar0,229 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap veriabel Y adalah sebesar 22,9% sisanya 77,1% adalah faktor lain. Dengan demikian terdapat pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar.