ANALISA MODIFIKASI SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR HONDA MATIC 108CC

Authors

  • Rocky Jeckly Mandang Universitas Negeri Manado
  • Johanis Rampo Universitas Negeri Manado
  • Jenly Manongko Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/gj.v4i1.5015

Keywords:

silinder 108cc, daya

Abstract

Performa mesin sepeda motor matic dapat ditingkatkan. Proses untuk meningkatkan performa adalah memperbesar torak dan memperbesar silinder. Proses tersebut dilakuan dengan melakukan (boreup) memperbesar volume silinder dengan cara dibubut sehingga perbandingan kompresi meningkat. Tujuan penelitian untuk meningkatkan performa mesin dari kenaikan daya dan torsi melalui pengujian langsung,  menggunakan mesin dynotest. Proses dynotest dilakukan dengan 2 (dua) kondisi yaitu kondisi mesin dengan blok silinder standard dan kondisi mesin dengan blok silinder yang telah dimodifikasi. Hasil pengujian melalui mesin dynotest menunjukan daya motor modifikasi lebih besar dari pada daya motor standard yaitu daya rata-rata motor modifikasi naik sebesar 11,41 dibandingkan dengan rata-rata daya motor standard. Torsi motor modifikasi lebih besar dari pada torsi motor standard. Torsi rata-rata motor modifikasi naik sebesar 5,85 dibanding dengan torsi rata-rata motor standard.

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles