PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 3 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i1.5350Keywords:
Kemandirian Belajar, Pengalaman Praktek Kerja Industri, Kesiapan KerjaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 3 Tondano, 2) untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 3 Tondano ,3) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan pengalaman praktek kerja indsutri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 3 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pesera didik kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 3 Tondano. Sampel penelitian berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai probabilitas 0,000. 2) pengalaman praktek kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai probabilitas 0,000. 3) kemandrian belajar dan pengalaman praktek kerja industri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa yang ditunjukan dngan nilai probabilitas 0,000 dan nilai R square sebesar 89,6%. Hal tersebut menunjukan bahwa sebesar 89,6% kesiapan kerja siswa dipengaruhioleh kemandirian belajar dan pengalaman praktek kerja industri.