PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK KRISTEN KAWANGKOAN

Authors

  • Fidel edo karundeng Karundeng Universitas Negeri Manado
  • Hendro Maxwell Sumual Universitas Negeri Manado
  • Bastian Rikardo Parhusip Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/gj.v4i2.5939

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X SMK Kristen Kawangkoan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Kristen Kawangkoan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan diadakan tes. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rumus Uji-T untuk melihat perbedaan nilai pretest dan posttest. Dengan teknik penelitian menggunakan rumus Uji-T, yaitu: analisisi penggunaan Uji-T pada taraf sigrifikan α = 0,05 jika nilai Sig (2-tailed) < 0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil belajar pada data nilai pretest dan posttest. Jika nilai Sig (2-tailed) > 0.05 maka tidak terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil belajar pada data nilai pretest dan posttest. Karena terdapat perbedaan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada pretest dan posttest setelah menerapkan model Problem Based Learning. Jadi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X SMK Kristen Kawangkoan.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles