PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i2.6054Keywords:
PQ4R Learning Method, Learning OutcomesAbstract
Masalah dalam penelitian ini kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan, masi rendahnya motivasi siswa menyebabkan hasil belajar siswa rendah, kurangnya guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, siswa masih kurang dalam memahami masalah-masalah dalam dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran preview question read reflect recite review. Peneliti ini menggunakan metode experimen one group pretest – posttest design. Populasi hanya menggunakan satu kelas, yang disebut kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan pre-test sebelum penerapan metode PQ4R untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tomohon kelas X DPIB. Hal ini berdasarkan dari hasil uji “t” deperoleh nilat thitung = 6.1257 dan ttabel = 1.734, karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho di tolak dan Ha di terimah.”.