PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 1 TOMOHON

Authors

  • Arlan Kojongian Arlan Kojongian mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.53682/gj.v4i2.6396

Keywords:

model pembelajaran TGT, hasil Belajar, korelasi

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan kuantitatif.  Quasi Eksperiment desain Pretest Posttest Control Grup Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapat perlakuan (kelas ekseperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas control). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X, sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 peserta didik, yang dibagi dalam 15 peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament), sedangkan 15 peserta didik kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.  . Teknik pengumpulan data pada penelelitian ini adalah berupa tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS.

Terdapat pengaruh signifikan dari perlakuan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa di kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Dengan nilai  = 6,0382 >  = 1,7613. Kemudian, nilai rata-rata dari penggunaan perlakuan terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament adalah 85,33 lebih tinggi dari hasil belajar konvensional adalah 67,33  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dpat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas control.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles