PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGELASAN PADA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 TOMOHON
Keywords:
Modul Pembelajaran, Research and Development, PengelasanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh modul pembelajaran yang ada di sekolah masih terbatas atau kurang lengkap dalam segi penjelasan materi maupun jumlah modul, kurangnya jumlah modul yang tersedia di sekolah menyebabkan siswa tidak dapat belajar secara mandiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul pembelajaran pengelasan untuk kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Branch 2009) yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sampel yang diambil yaitu 7 orang untuk uji kelompok kecil. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Ssiswa diberikan angket untuk melihat tanggapan mahasiswa terhadap modul pembelajaran pengelasan, pada tanggapan siswa lebih berada pada rentang 4,5 dan berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk modul pembelajaran pengelasan untuk kelas XI dengan kualifikasi layak untuk digunakan.