PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PENGUKURAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 BITUNG
Keywords:
modul praktikum, Research and Development, Alat UkurAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan praktik belum dilaksanakan secara optimal karena langkah-langkah praktikum pada modul sebelumnya masih kurang, kebutuhan sumber belajar berupa modul praktikum untuk pembelajaran teknik mengukur sesuai dengan kebutuhan sumber belajar di dalam isi silabus kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Bitung belum terpenuhi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul praktikum alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Branch 2009) yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sampel yang diambil yaitu 7 orang untuk uji kelompok kecil. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Ssiswa diberikan angket untuk melihat tanggapan siswa terhadap modul praktikum alat ukur, pada tanggapan siswa lebih dari 90% berpendapat bahwa modul praktikum layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk modul praktikum alat ukur untuk kelas X dengan kualifikasi layak untuk digunakan.