KETERLIBATAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FATEK UNIMA

Authors

  • Robert Universitas Negeri Manado
  • Davidsen Universitas Negeri Manado

Keywords:

Lingkungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap ketelibatan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dalam meningkatkan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fatek UNIMA. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis data dan analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 30 responden pada angkatan tahun 2018 dan sampel menggunakan sampel probabilitas dengan teknik simple random sampling berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dari indeks prestasi sementara sebagai dasar dari pretasi belajar mahasiswa. Untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda sebagai analisis kuantitatif. Hipotesis penelitiannya adalah ada pengaruh variabel lingkungan keluarga, motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif dan ada pengaruh secara bersama-sama lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles