Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Materi Peluang Di SMP Negeri 13 Dumoga
Keywords:
Problem Based Learning, Numbered Head Together, Hasil Belajar, PeluangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan rata-rata hasil belajar materi Peluang antara siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Dumoga yang diajar menggunakan model PBL dengan yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen, khususnya menggunakan desain kelompok kontrol posttest-only. Subyek penelitian adalah delapan belas siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan delapan belas siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 71,6, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63. Uji t dengan ambang signifikansi 5% digunakan untuk uji hipotesis yang menghasilkan hasil penelitian > selanjutnya diberhentikan . Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Opportunity belajar lebih banyak dibandingkan yang menggunakan model kerjasama tipe Numbered Head Together (NHT).