PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i2.8257Keywords:
Predict-Observe-Explain (POE), Learning Outcomes, Fluida Statis, Static fluidAbstract
Pada penelitian ini hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tondano akan dibandingkan antara yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional materi fluida statis sub tekanan hidrostatis. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang terdiri dari dua kelompok dengan desain post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 siswa dari kelas XI 1 kelas eksperimen dan kelas XI 2 kelas kontrol yang juga berjumlah 20 siswa. Post-test kedua kelas menyediakan data yang digunakan dalam penyelidikan ini. Kelas kontrol memperoleh nilai post-test sebesar 71,65, sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 87,4. Memanfaatkan uji-t pada ambang signifikansi 0,05, temuan penelitian diperiksa , maka H0 kemudian di tolak dan Ha diperbolehkan. Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.