PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TEKNIK ALAT BERAT DI SMK NEGERI 2 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.987Keywords:
learning outcomes, experiential learning, learning modelsAbstract
Dengan mengalami materi belajar secara langsung, diharapkan siswa dapat lebih membangun makna serta kesan dalam ingatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif siswa kelas X teknik alat berat di SMK Negeri 2 Bitung. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control-group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa diambil sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kemudian sampel tersebut diberikan pretest, setelah itu diberikan treatment secara bertahap. Setelah diberikan treatment, sampel tersebut diberikan posttest untuk mengukur hasil belajar pada kelompok tersebut. Perbedaan hasil pretest dengan posttest tersebut menunjukan hasil dari perlakuan yang telah diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh melalui analisis pengujian hipotesis dimana: thitung = 11,76 dan harga ttabel = 1,671553 dengan db (n1 + n2) -2 = 30 + 30 – 2 = 58 pada taraf signifikan = 0,05. Artinya thitung = 11,76 > ttabel = 1,671553. Maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran experiential learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa teknologi dasar otomotif di SMK Negeri 2 Bitung.
Kata Kunci : model pembelajaran, experiential learning, hasil belajar