PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Authors

  • Sumama Hasan Hasan Universitas negeri manado
  • Jenly Manongko Universitas Negeri Manado
  • Herdy Liow Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.991

Keywords:

hasil Belajar, think pair and share, model pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model think pair and share dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO. Subjek penelitiannya adalah kelas X SMK N 2 Bitung yang terdiri dari 3 kelas dan diambil 2 kelas secara acak, yaitu kelas X 1 sebagai kelas  eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas  kontrol. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair And Share adalah  56,8 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 38,24. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarakan menggunakan model pembelajaran thik pair and share lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO.

 

Kata kunci: model pembelajaran, think pair and share, hasil belajar

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles