Pola Asuh Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna
Keywords:
pendidikan anak, pola asuhAbstract
Tujuan penelitian, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam pendidikan anak di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik analisis data oleh Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah masih terdapat orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dalam pendidikan anak di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna yaitu seperti a) membatasi setiap perilaku anak; b) menetapkan aturan-aturan yang keras terhadap anak; c) tidak kompromi dan memperhitungkan keadaan anak; dan d) senantiasa memberikan hukuman yang keras kepada anak apabila melanggar perintah orang tua. Sebagian dari orang tua menerapkan pola asuh permisif dalam pendidikan anak di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna yaitu seperti a) memberi kebebasan kepada anak; b) memberi dorongan terhadap keinginan anak; c) memiliki kehangatan terhadap anak; dan d) menerima anak apa adanya. Sebagian dari orang tua menerapkan pola asuh demokratis dalam pendidikan anak di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna yaitu seperti a) komunikasi orang tua dan anak harmonis dan intensif; b) mendengarkan pendapat anak; c) mengambil setiap keputusan melalui musyawarah; dan d) memberi kebebasan disertai pengawasan kepada anak.