This is an outdated version published on 2021-02-17. Read the most recent version.

PENERAPAN PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA

Authors

  • Nelci Vebi Rumabar Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Universitas Negeri Manado
  • Parabelem T.D Rompas Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Bitung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi dan peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatfi tipe student team achievement division yaitu kelas X TKJ yang berjumlah 20 peserta didik. Setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division maka peserta didik menjadi aktif dan pembelajaran maksimal. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I peserta didik yang tergolong presentase ketuntasan pada mata pelajaran jaringan dasar baru mencapai 75%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar jaringan dasar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 90%. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperati tipe student team achievement division

Downloads

Published

2020-11-09 — Updated on 2021-02-17

Versions

Issue

Section

Articles