METODE AYLIN DAN TASCI DALAM PENGUKURAN IMPLEMENTASI E LEARNING READINESS
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i2.2986Keywords:
Aydin & Tasci, e-learning, readiness, SMK, information technologyAbstract
Pandemic covid 19 telah mengubah model pembelajaran SMK di Indonesia yang biasanya tatap muka langsung di ubah menjadi pembelajaran online Pembelajaran ini menggunakan e learning dengan beberapa model seperti synchronous learning dan unsynchronous learning secara drastis tanpa kesiapan yang matang Hal ini menimbulkan masalah pada pencapaian hasil belajar karena banyak factor penghambat Riset ini bertujuan untuk menginvestigasi kesiapan e learning yang di terapkan di SMK pada masa pandemic covid 19 Metode yang digunakan adalah model ELR Aydin amp; Tasci untuk pengukuran tingkat kesiapan e learning Hasil investigasi riset ini menemukan bahwa skor e learning readiness adalah 4 15 yang berarti SMK di Indonesia telah siap dalam menerapkan e learning tetapi masih membutuhkan sedikit peningkatan pada beberapa faktornya Factor tersebut seperti Sumber Daya Manusia organisasi teknologi dan infrastruktur Riset ini menyimpulkan bahwa SMK di Indonesia sudah siap mengimplementasi e learning sebagai pendukung pembelajaran di sekolah< p>
