ANALISIS PENERAPAN PAJAK PENGHASILAN ONLINE MERCHANT PADA E-COMMERCE DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.2277Keywords:
Penerapan Pajak Penghasilan, Online Merchant, E-commerceAbstract
Peningkatan akun online merchant dan nilai transaksi E-commerce di rasakan tiap tahun nya di Kota Manado, tetapi pajak penghasilan dari E-commerce yang masuk ke kas negara tidak sesuai dengan nilai yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pajak penghasilan yang sudah dilakukan oleh Online Merchant E-commerce di Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang dihasilkan dalam bentuk kata-kata, gambar, dan pola perilaku manusia. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pajak penghasilan yang sudah dilakukan oleh Online Merchant di Kota Manado belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, dan online merchant yang hanya berjualan melalui media online sama sekali tidak melakukan pelaporan perpajakannya karena tidak mengetahui adanya pajak yang dikenakan untuk Online Merchant.