Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.3468Keywords:
Corporate Social Responsibility, Return on Assets, Return on Equity.Abstract
Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik dalam perusahaan akan berpengaruh pada nilai perusahaan sehingga akan mengundang investor dalam membeli saham, dan akan mempengaruhi tingkat laba (Profit). Namun, masalahnya pada masa kini ada beberapa perusahaan yang enggan melakukan kegiatan CSR sebab bagi mereka semakin banyak kegiatan CSR maka semakin banyak juga biaya yang akan dikeluarkan dari perusahaan tersebut, sehingga akan berkurangnya keuntungan dan akan menyebabkan tingkat laba perusahaan menurun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap laba perusahaan menggunakan rasio profitabilitas diproksikan dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Populasi pada penelitian ini yaitu 174 perusahaan manufaktur dengan penarikan sampel 73 perusahaan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunkan yakni analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE).