PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Authors

  • Alfredo Ulla Mahasiswa
  • Linda A. O. Tanor Universitas Negeri Manado
  • Andrew Marunduh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4033

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji profitabilitas dan leverage terhadap tanggung jawab sosial dalam organisasi manufaktur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kuantitatif dalam hal ini menggunakan pengujian hypothesis testing untuk memberikan bukti yang tepat. Metode pengumpulan informasi dalam penelitian ini adalah mengumpulkan informasi tentang data laporan keuangan, dan laporan tahunan organisasi manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang dipublikasikan melalui situs BEI (www.idx.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa efek indonesia periode 2018-2020. Dalam pengambilam sampel menggunakan teknik pengujian purposive sampling dimana berdasarkan pertimbangan menghasilkan 36 data panel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Metode teknik analisis data yaitu menggunakan uji regresi linier berganda model data panel dengan menggunakan Program E-Views versi 9. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility, sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap corporate sosial responsibility.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Ulla, A., Tanor, L. A. O. ., & Marunduh, A. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY . Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 52-61. https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4033

Issue

Section

Articles