PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4033Keywords:
Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji profitabilitas dan leverage terhadap tanggung jawab sosial dalam organisasi manufaktur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kuantitatif dalam hal ini menggunakan pengujian hypothesis testing untuk memberikan bukti yang tepat. Metode pengumpulan informasi dalam penelitian ini adalah mengumpulkan informasi tentang data laporan keuangan, dan laporan tahunan organisasi manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang dipublikasikan melalui situs BEI (www.idx.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa efek indonesia periode 2018-2020. Dalam pengambilam sampel menggunakan teknik pengujian purposive sampling dimana berdasarkan pertimbangan menghasilkan 36 data panel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Metode teknik analisis data yaitu menggunakan uji regresi linier berganda model data panel dengan menggunakan Program E-Views versi 9. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility, sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap corporate sosial responsibility.