Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4575Keywords:
Kinerja, Balanced ScorecardAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kinerja RSUD Anugerah Tomohon dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ada pelanggan yang mengatakan bahwa walaupun fasilitas memadai namun pelayanannya masih kurang maksimal. Contohnya saja keterlambatan penanganan pasien rawat inap. Oleh karena itu penulis ingin meneliti kinerja RSUD Anugerah Tomohon. Berdasarkan hasil kajian tersebut, bisa disimpulkan bahwa secara keseluruhan kinerja RSUD Anugerah Tomohon bila diukur menggunakan metode Balanced Scorecard maka dapat menunjukkan kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari perspektif keuangan segi realisasi anggaran rumah sakit menunjukkan kondisi yang baik, perspektif pelanggan dari segi akuisisi pelanggan dikategorikan baik dalam menarik pelanggan, perspektif proses bisnis internal tergolong baik, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam keadaan yang sangat baik.