Analisis Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4795Keywords:
Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Kantor Pelayanan PajakAbstract
Tujuan dalam penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Hasil penelitian menunjukan bahwa Wajib Pajak Orang Pribadi yang ada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado patuh dalam perpajakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para wajib pajak sudah bisa mengetahui akan kewajiban mereka sebagai wajib pajak. Kualitas pajak yang baik dapat menjadi modal utama dan menjadi hal penting untuk dapat menarik perhatian para wajib pajak. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan fiskus, maka semakin tinggi tingkat pelayanan terhadap wajib pajak.