Analisis Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Authors

  • Alicia Kambey Universitas Negeri Manado
  • Cecilia Lelly Kewo Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4795

Keywords:

Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Kantor Pelayanan Pajak

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Hasil penelitian menunjukan bahwa Wajib Pajak Orang Pribadi yang ada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado patuh dalam perpajakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para wajib pajak sudah bisa mengetahui akan kewajiban mereka sebagai wajib pajak. Kualitas pajak yang baik dapat menjadi modal utama dan menjadi hal penting untuk dapat menarik perhatian para wajib pajak. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan fiskus, maka semakin tinggi tingkat pelayanan terhadap wajib pajak.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Kambey, A., & Kewo, C. L. . . (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 205-219. https://doi.org/10.53682/jaim.vi.4795

Issue

Section

Articles