Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Corporate Governance Terhadap Agresivitas Pajak Di Perusahaan Manufaktur Sektor Barang & Konsumsi Yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.5056Abstract
Agresivitas pajak merupakan langkah perusahaan sebagai strategi untuk meminimalkan beban pajak yang harus ditanggungnya, namun agresivitas pajak juga merupakan tindakan yang bertentangan dengan keinginan dan harapan masyarakat. Penelitian ini tujuannya yaitu, untuk mencari tahu pengaruh CSR & Corporate Governance terhaadap agresivitas pajak. Nilai Effective Tax Rate dalam penelitian ini digunakan untuk merepresentasikan variabel agresivitas pajak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu metode yang menggunakan data yang berbentuk numerik atau angka. ETR perusahaan yang rendah menunjukkan bahwa agresivitas pajak perusahaan semakin meningkat. Populasi penelitian meliputi seluruh produsen di sektor barang konsumsi yang berada di BEI periode 2019-2020. Sebanyak 48 sampel data sampel diperoleh dari strategi pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Namun corporate governance tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap agresi fiskal.