Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Produk Digital Bank SulutGo dengan Menggunakan Model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.5994Abstract
Perbankan melakukan pengembangan platform digital sebagai salah satu strategi bagi kelangsungan hidup perbankan. Kunci utama mengukur keberhasilan platform digital adalah perilaku pengguna menggunakan platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku nasabah pengguna platform digital Bank SulutGo dengan pengukuran menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan model analisis menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square. Populasi adalah nasabah pengguna BSGdigital sedangkan sampel analisis dengan multivariat (korelasi atau regresi ganda), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti, sehingga jumlah sampel adalah 110. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pengaruh sosial dan nilai harga berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan sedangkan kondisi pemfasilitasi, kebiasaan dan minat penggunaan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengguna. Faktor minat penggunaan memperkuat hubungan langsung antara seluruh faktor dalam model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 dengan perilaku pengguna.