Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Pengungkapan CSR
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.7300Keywords:
Tata Kelola Perusahaan, Kualitas Pengungkapan CSR, LegitimasiAbstract
Adanya kewajiban perusahaan untuk melakukan kewajiban sosial dan lingkungan, pihak manajemen perusahaan cenderung menggunakan pengungkapan CSR sebagai salah satu strategi untuk legitimasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tata kelola perusahaan terhadap kualitas pengungkapan CSR. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model analisis regresi panel. Penelitian ini menganalisis 29 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dengan total 174 observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa tata kelola perusahaan dapat meningkatkan kualitas pengungkapan CSR perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan pengelolaan tata kelola yang transparan kepada para stakeholder agar dapat mengidentifikasi resiko dan merumuskan strategi dalam menanggulangi resiko sosial dan lingkungannya. Pada akhirnya CSR perusahaan yang sesuai akan memperoleh legitimasi dari para pemangku kepentingan karena telah memenuhi ekspektasi para pemangku kepentingan.