Praktik Transfer Pricing di Perusahaan Multinasional: Pendekatan Fenomenologi
DOI:
https://doi.org/10.53682/jaim.vi.8732Keywords:
transfer pricing, Globalisasi, Fenomenologi Transendental, Teori AtribusiAbstract
Globalisasi yang semakin luas telah membuka peluang bagi perusahaan multinasional untuk melakukan transaksi bisnis tanpa batasan wilayah. Fenomena ini mendorong peningkatan praktik transfer pricing, dimana perusahaan multinasional memindahkan keuntungan antar anak perusahaan untuk meminimalisasi kewajiban pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transendental untuk memahami kompleksitas praktik transfer pricing dari sudut pandang para praktisi perpajakan yang terlibat. Teori atribusi digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perilaku Perusahaan multinasional tentang transfer pricing. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan pengetahuan yang lebih kaya tentang praktik transfer pricing. Temuan penelitian ini dapat membantu otoritas pajak dalam mengembangkan kebijakan dan strategi yang lebih efektif untuk mengawasi praktik transfer pricing.