https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/issue/feedJournal of Education Method and Technology : JEMTech2025-06-17T11:00:01+00:00Editorial JEMTechjemtech@unima.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal of Education Method and Technology : JEMTech merupakan jurnal ilmiah pada bidang ilmu pendidikan dan teknologi yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Manado dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Manado.</p> <p>JEMTech terbit setiap empat kali setahun, yaitu pada bulan Maret , Juni, September, dan Desember. JEMTech menerima berbagai naskah ilmiah atau hasil penelitian di bidang pendidikan dan teknologi informatika yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Terbitan pertama JEMTech dimulai pada bulan September Tahun 2023.</p>https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12332Pengaruh Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Informatika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Kristen 3 Tomohon2025-06-17T09:30:05+00:00Faujri Daifaujridai28@gmail.comVerry Ronny Palilinganronnypalilingan@unima.ac.idDaniel Riano Kaparangdrkaparang@unima.ac.id<p>Sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan karena perkembangan jaman. Maka dari itu dilakukanlah berbagai usaha pembaharuan dalam pendidikan yang ada di Indonesia dengan mengemukakan beberapa metode pembelajaran serta peralatan yang dapat memberikan semangat belajar bagi para siswa. Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu pendekatan yang dikembangakan untuk membuat pendidikan di Indonesia semakin berkembang mengikuti jaman. Konsep Tpack ini yaitu menggabungkan tiga dimensi penting, yaitu teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten. Dalam mengintegrasikan TPACK, guru diupayakan dapat memadukakan ketiga dimensi secara senergis sehingga dapat merancang dan memberikan pembelajaran yang efektif. Manfaat dalam penggunaan TPACK ini dapat membantu guru menjadi inovatif dalam pendekatan pembelajaran dan memungkinkan bagi mereka dalam memanfaatkan teknologi secara efektif untuk meningkat pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran TPACK (technological Pedagogical Content Knowledge) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika di kelas X SMK Kristen 3 Tomohon. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen (diberlu perlakuan TPACK) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional).</p>2025-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12333Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 2 Tomohon Berbasis Mobile2025-06-17T09:38:08+00:00Viramita Lumanawviramita9@gmail.comOlivia Eunike Selvie Liandoolivialiando@unima.ac.idTrudi Komansilantrudikomansilan@unima.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah yang menarik bagi siswa dan dapat digunakan oleh tenaga pengajar sebagai alat bantu dalam proses mengajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembuatan media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Tomohon berbasis mobile dapat dilakukan dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yaitu Konsep dimana pada tahap ini peneliti menentukan tujuan dan target pembuatan media pembelajaran ini. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Perancangan dimana pada tahap ini peneliti membuat UI dari media pembelajaran yang akan dibuat. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Pengumpulan Data dimana pada tahap ini dilakukan pengumpulan materi dari berbagai sumber untuk menjadi konten utama dari media pembelajaran ini. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Pembuatan dimana pada tahap ini media pembelajaran dibuat berdasarkan konsep dan rancangan yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Pengujian dimana pada tahap ini dilakukan pengujian apakah media pembelajaran ini sudah layak digunakan. Terakhir tahap Pendistribusian dimana pada tahap ini media pembelajaran sudah siap digunakan dan didistribusikan kepada siswa dan pengajar SMA Negeri 2 Tomohon untuk membantu proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12334Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X DKV SMK N 1 Tombulu2025-06-17T09:46:07+00:00Natan G. O. Sumolangnatansumolang99@gmail.comChristine Takarina Meitty Manoppochristine_manoppo@unima.ac.idKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X DKV SMK N 1 Tombulu. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (X1), Minat (X2), dan Prestasi Belajar (Y). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X DKV yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasional dengan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan diambil 30 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data digunakan angket untuk mengambil data pengunaan media pembelajaran minat terhadap prestasi belajar diambil dari nilai hasil belajar DKV. Dari hasil pengujian hipotesis I antara Regresi Y terhadap X1 di dapat bahwa Y = a+bX = 42.28 + 0.11 X Ha ditolak dan Ho diterima dengan hasil, Koefisien determinasi pengaruh adalah Fhitung = 2.23. hasil pengujian hipotesis II antara regresi Y terhadap X2 didapat Y = a+bX = Y 89.82 + 0.43X bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hasil Koefisien pengaruh adalah Fhitung = 10.66. sedangkan pengujian signifikan dengan statistik uji F menghasilkan harga Fhitunh pertama = 159.2 dan kedua = 478.3 lebih besar dari nilai Ftabel Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan minat terhadap prestasi belajar. (b) terdapat pengaruh antara minat dengan prestasi belajar siswa. (c) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan minat secara bersama – sama dengan hasil prestasi belajar siswa. maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 1 Tombulu.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12335Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TJKT Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Talaud2025-06-17T09:50:38+00:00Kharan H. R. Maengga18208095@unima.ac.idAlfrina Mewengkangmewengkangalfrina@unima.ac.idMerriam Modeongmerriammodeong@unima.ac.id<p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Talaud. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 1 Talaud, Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT A yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan XI TJKT B yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan treatment. Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Talaud.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12336Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMKS Kristen 1 Tomohon2025-06-17T09:54:46+00:00Gabrielle Jordan Sheva Tombenggabrielgabz.gt@gmail.comVerry Ronny Palilinganronnypalilingan@unima.ac.idKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dasar desain komunikasi visual pada siswa kelas X di SMKS Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test kelompok kontrol untuk membandingkan efektivitas PjBL dengan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran menggunakan model PjBL, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran tradisional. Pengumpulan data melibatkan pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan teknik statistik untuk menilai dampak PjBL terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam desain komunikasi visual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa kelas X di SMKS Kristen 1 Tomohon yang mengikuti model PjBL. Hal ini menegaskan efikasi PjBL sebagai pendekatan pedagogis dalam meningkatkan hasil pendidikan dalam desain komunikasi visual. Implikasi dari penelitian ini juga memberikan masukan bagi pengembangan metodologi pembelajaran yang inovatif dan sesuai konteks.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12337Pengembangan Media Pembelajaran “Oenglish” berbasis Mobile untuk Anak-Anak di Oransbari, Papua Barat2025-06-17T10:06:48+00:00Dina Meri Demhidinademhi75969@gmail.comHiskia Kamang Manggopahiskiamanggopa@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Interaktif berbasis andorid sesuai kebutuhan untuk digunakan pada materi bahasa inggris bagi anak-anak di Papua khususnya di Oransbari. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D). Model yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Model ADDIE. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Validator Media menilai Media Pembelajaran “Oenglish” dengan rata-rata persentase 76%, menujukkan Media Pembelajaran Oenglish tergolong “Layak”. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Validator Ahli Materi menilai Materi “Oenglish” dengan rata-rata persentase 91%, menunjukkan Media Pembelajaran Oenglish tergolong “Sangat Layak”. Dari hasil tabel End User Test,terdapat hasil rata-rata range usability test yaitu 4 (Setuju), Rata-rata dari Total Pengisian Responden yaitu 118 dari Total Usabilty Test 135.Nilai Rata-rata dari Total Pengisian Responden yaitu 88, menyatakan bahwa Media Pembelajaran Oenglish “Sangat Layak”. Persentase Kebergunaan (Usefulness) yang didapatkan yaitu 88% (“Sangat Berguna”). Persentase Kemudahan Penggunaan (Ease of Use) yang didapatkan yaitu 87% (“Mudah digunakan”). Persentase Kemudahan Belajar (Ease of Learning) yang didapatkan yaitu 88% (“mudah dipelajari”). Persentase yang didapatkan yaitu 88% (“sangat memuaskan”).</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12339Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Sistem Digital2025-06-17T10:28:07+00:00Renaldo D. Sangerrenaldosanger727@gmail.comIndra Riantoindrarianto@unima.ac.idKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata kuliah sistem digital. Media pembelajaran ini dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa/i dan dapat digunakan sebaik mungkin sehingga mahasiswa lebih mudah memahami pelajaran. Metode pengembangan yang digunakan ADDIE. Dan hasil pengujian peneliti mengambil kesimpulan media pembelajaran dapat digunakan dalam kelas mata kuliah sistem digital.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12341Video Dokumenter SMA Negeri 1 Kakas menggunakan Teknik Pengambilan Cinematic2025-06-17T10:33:00+00:00Marshell R. Kotambunanmarselacel555@gmail.comOlivia Eunike Selvie Liandoolivialiando@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Dokumenter video menjadi media yang penting dalam mengabadikan sejarah dan kehidupan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana teknik pengambilan cinematic digunakan dalam pembuatan video dokumenter tentang SMA Negeri 1 Kakas. salah satu instansi pemerintahan yang bergerak di bidang pendidikan belum memiliki sarana untuk memberikan gambaran keadaan sekolah kepada masyarakat. Diharapkan dengan dibuatnya video dokumenter ini masyarakat lebih dengan mudah mendapatkan semua informasi dan memiliki gambaran mengenai keadaan sekolah. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk membantu pihak sekolah bagaimana caranya mempromosikan dan memberikan informasi keadaan sekolah kepada masyarakat luas tetapi dengan cara yang lebih kreatif dan tetap efektif Penelitian tentang video dokumenter ini dibuat sebagai media promosi, memperkenalkan dan menyampaikan informasi kepada peserta didik yang akan masuk ke Sekolah tertentu. Penulis ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan. dimana penggabungan unsur-unsur gambar, teks dan suara akan lebih meningkatkan ketertarikan masyarakat yang dapat digunakan dalam menyampaikan informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil video dokumenter telah diterapkan di Sekolah, dengan itu telah terbukti bahwa Peserta didik dapat dengan jelas mengetahui beberapa hal tentang sekolah dengan menggunakan Video Dokumenter Sekolah yang diterapkan.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12342Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Langowan2025-06-17T10:36:46+00:00Vebrianno Wuisanwuisanhizkia@gmail.comHerry Sumualherrysumual@unima.ac.idKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap hasil belajar. Kecerdasan interpersonal mencakup kemampuan individu utuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Sementara kecerdasan intrapersonal merujuk pada pemahaman diri sendiri dan kemampuan mengelolah emosi. Metode penelitian menggunakan ex post facto yang artinya sesudah fakta. Dengan pengambilan data survey, sampel penelitia terdiri dari siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal serta ilia hasil belajar. Temuan ini mengidentifikasikan pentingnya pengembangan kecerdasan sosial dan emosional memberikan arahan bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang memperhatikan aspek kecerdasan interpersonal dan intrapersonalguna meningkatka prestasi belajar siswa.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12343Analisis Tingkat Kematangan Keamanan Sistem Informasi Universitas Negeri Manado menggunakan Framework COBIT 20192025-06-17T10:40:55+00:00Billy Tampilangtampilangbilly@gmail.comKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Sistem Informasi akademik memuat data – data penting seperti informasi akademik, data kepegawaian, penelitian dan dokumen administrasi. Kejahatan cyber pada era 4.0 berupa pencurian data dan perhackingan terhadap sistem semakin marak dengan teknologi yang semakin canggih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur secara komprehensif tingkat kematangan keamanan jaringan Sistem Informasi di Universitas Negeri Manado dengan menggunakan Framework COBIT 2019 pada Domain DSS05 (Ensure Systems Security). Metode yang digunakan adalah Analisis kuantitatif desktiptif yang melibatkan pengumpulan data lewat kusioner dan wawancara, serta pengolahan data menggunakan metode CMMI (Capability Maturity Model Integration). Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kematangan dan keamanan layanan jaringan bervariasi berdasarkan 7 proses pada domain DSS05. Proses DSS05.01 (Melindungi dari perangkat lunak berbahaya) memiliki tingkat kematangan 3.90, DSS05.02 (Mengelola Kerentanan) mencapai 4.90, DSS05.03 (Mengelola Keamanan Sistem Fisik) mencapai 4.70, DSS05.04 (Mengelola akses identitas dan hak) mencapai 4.60, DSS05.05 (Melindungi dari serangan eksternal pada 3.60, DSS05.06 (Mengelola insiden keamanan) mencapai 3.70 dan DSS07 (Kelola kerentanan dan pantau infrastruktur untuk kejadian yang berhubungan dengan keamanan) mencapai tingkat kematangan 3.10. Secara keseluruhan hasil temuan analisis pada penelitian ini mencapai 4.35 yang menunjukan bahwa tingkat kematangan keamanan jaringan di Universitas Negeri Manado sudah berada pada tahap yang cukup baik namun masih memerlukan beberapa peningkatan untuk mencapai level yang diharapkan.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12344Pengembangan Video Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Advent Remboken2025-06-17T10:44:08+00:00Cathrine Br. Ginting20208005@gmail.comAlfrina Mewengkangmewengkangalfrina@unima.ac.idPeggy Veronica Togaspeggytogas@unima.ac.id<p>Proses pembelajaran merupakan kegiatan inti yang menentukan terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Berbagai metode, model serta hal – hal lain yang baru muncul dan digunakan dalam pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan video interaktif sebagai alat dalam pembelajaran agar lebih fleksibel bagi siswa dan guru pada saat proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran pembelajaran berbentuk video interaktif yang menarik atau bervariasi akan membuat siswa aktif dalam pembelajaran, dan juga sebagai pemecahan masalah yang dihadapi SMP Advent Remboken. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Allesi dan Trollip dengan tiga tahapan yang digunakan yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian uji kelayakan video interaktif pada mata pelajaran informatika oleh Bapak Keith Ratumbuisang, S.Pd, M.Pd, M.Sc sebagai ahli media dan memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak, oleh Ibu Meyta Kasenda, S.Th. sebagai ahli materi mendapat persentase 98%, dan hasil respon siswa terhadap video interaktif pada mata pelajaran informatika memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat positif. Kesimpulannya, video interaktif bisa menjadi pilihan media pembelajaran yang efektif di SMP Advent Remboken, terutama dalam mata pelajaran informatika.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12345Sistem Informasi Magang Berbasis Web di Jurusan PTIK FT UNIMA2025-06-17T10:47:21+00:00Adrian Hulalataianhulalata@gmail.comVerry Ronny Palilinganronnypalilingan@unima.ac.idIndra Riantoindrarianto@unima.ac.id<p>Di masa revolusi industri 4.0 perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Jurusan pendidikan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jurusan tingkat sarjana (S1) yang ada di fakultas teknik universitas negeri manado yang mewajibkan setiap mahasiswanya untuk melakukan magang. dalam prakteknya proses administrasi magang masih dilakukan secara manual mulai dari pendaftaran hingga ke proses pemasukan laporan akhir. Untuk itu dibuatlah sebuah sistem informasi manajemen kegiatan magang berbasis web guna mempermudah dalam mengelola kegiatan magang. Pada pengembangan sistem ini menggunakan sebuah metode pengembangan perangkat lunak extreme programming (XP). Hasil dari perancangan sistem kali ini adalah untuk memberikan perancangan system informasi yang dapat memberikan kemudahan dalam memanajemen kegiatan magang, dan juga dapat menghasilkan output yaitu memberikan penilaian akhir kepada peserta magang selama melakukan kegiatan magang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa, perancangan Sistem Informasi Magang di Jurusan PTIK FT Unima telah berhasil di buat.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12346Pengembangan Liveworksheets sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TKJ di SMKS Kristen 2 Tomohon2025-06-17T10:50:19+00:00Karmila Kokunsikokunsikarmila@gmail.comPeggy Veronica Togaspeggytogas@unima.ac.idHiskia Kamang Manggopahiskiamanggopa@unima.ac.id<p>Karmila Kokunsi, 19208052. Pengembangan Liveworksheet Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TKJ di SMKS Kristen 2 Tomohon, Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Manado. Tondano 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan dari berbagai aspek salah satunya penyebab rendanya kemampuan belajar peserta didik karena kurangnya efektivitas perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan Liveworksheets di kelas Fase E TJKT 1 SMKS Kristen 2 Tomohon yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Skor penilaian dari hasil penilaian validator ahli adalah 89 dengan kategori sangat valid. Untuk skor penilaian kepraktisan dilihat dari respon siswa dengan skor 91 dengan kategori sangat praktis. LKPD yang dikembangkan menggunakan platform Liveworksheets ini telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 83%. Kesimpulannya, LKPD dikembangkan menggunakan liveworksheets valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12347Pengaruh Kecerdasan Spasial dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ di SMK N 1 Tomohon2025-06-17T10:53:32+00:00Gwynet Clarisa Lasutgwynetlasut@gmail.comMario Tulenan Parinsimarioparinsi@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon, untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMA Negeri 1 Tomohon, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial dan intensitas belajar terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spasial terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Diperoleh persamaan garis regresi Y = 0,530 X1 + 49.780 dan faktor determinasi (R2) sebesar 19,5%. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Diperoleh persamaan garis regresi Y = 0.431 X2 + 59.918 dan faktor determinasi (R2) sebesar 17,9%. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spasial dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12348Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality di SMK2025-06-17T10:56:46+00:00Angela Woworangelawowor.aw@gmail.comTrudi Komansilantrudikomansilan@unima.ac.idWensi Ronald Lesli Paatwensipaat@unima.ac.id<p>Aplikasi Pengenalan Topologi Jaringan Komputer dibuat menggunakan teknologi augmented reality (AR). Aplikasi ini dirancang dengan teknologi pendeteksi marker untuk menghasilkan objek 3D. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk merancang sebuah aplikasi media pengenalan topologi jaringan komputer berbasis augmented reality yang dapat membantu siswa untuk memahami materi tentang topologi jaringan komputer. Aplikasi pembelajaran ini dibuat berbasis android dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdapat 6 tahapan, yaitu Concept, Desaign, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Tahap pengujian menggunakan metode pendektan black box testing. Pengujian aplikasi di uji oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta menggunakan uji kompabilitas pada beberapa perangkat android untuk membuktikan kelayakan pada aplikasi agar dapat di distribusikan.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12349Pengaruh Penerapan E-Learning Berbasis SKUL.ID terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X TKJ di SMK Hassina2025-06-17T11:00:01+00:00Muh. Barokah Haromaenharomaen1933@gmail.comMuhammad Thariq Azizmtaziz@ummi.ac.idHeni Wulandariheniwulandari@ummi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan e-learning berbasis skul.id terhadap hasil belajar siswa pada kelas X TKJ di SMK Hassina. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket respon menunjukan 68% siswa memberikan respon baik terhadap e-learning berbasis skul.id. Hasil Belajar siswa menunjukan bahwa nilai signifikasi kelompok eksperimen sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan hasil nilai signifikansi kelompok kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki pengaruh setelah mengikuti pembelajaran menggunakan skul.id mapupun konvensional. Akan tetapi, analisis deskripsi nilai rata-rata pretest dan posttest kelompok eksperimen sebesar 26,1 dan 75,75 sedangkan kelompok kontrol sebesar 24,3 dan 67,95. Hal tersebut menunjukan bahwa kelompok eksperimen telah memenuhi standar KTTP sekolah tersebut yaitu 75 dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa e-learning berbasis skul.id memiliki pengaruhi signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Hassina.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025