https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/issue/feedJournal of Education Method and Technology : JEMTech2024-06-30T00:00:00+00:00Editorial JEMTechjemtech@unima.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal of Education Method and Technology : JEMTech merupakan jurnal ilmiah pada bidang ilmu pendidikan dan teknologi yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Manado dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Manado.</p> <p>JEMTech terbit setiap empat kali setahun, yaitu pada bulan Maret , Juni, September, dan Desember. JEMTech menerima berbagai naskah ilmiah atau hasil penelitian di bidang pendidikan dan teknologi informatika yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Terbitan pertama JEMTech dimulai pada bulan September Tahun 2023.</p>https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9500Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tumpaan2024-06-04T07:45:44+00:00Surianto Amirsupriantoladao@gmail.comOlivia Eunike Selvie Liandoolivialiando@unima.ac.idKeith Francis Ratumbuisangkeithratumbuisang@unima.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang memiliki 5 langka pengimplementasian yaitu, orientasi siswa pada masalah, organisir siswa untuk belajar, membimbing individual & kelompok, mengembangkan & menyajikan hasil karya, menganalisis & mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 4 Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Tahun Ajaran 2024-2025. Model penelitian yang di gunakan adalah Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus-siklus, namun peneliti hanya menggunakan dua siklus, dalam siklus mempunyai 4 tahapan yaitu, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan/observasi dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 22. Teknik pengumpulan data, berupa tugas, tes tertulis pilihan ganda, pertanyaan. Analis data, menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dari 22 siswa, pencapayan KKM, pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 64%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar 95%. Jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan demikian siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.</p>2024-06-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9451Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi2024-05-31T08:03:05+00:00Vionensa J. L. Tetenaungvionensajtetenaung@gmail.comOlivia Eunike Selvie Liandoolivialiando@unima.ac.idIndra Riantoindrarianto@unima.ac.id<p>Sistem informasi bimbingan skripsi berbasis website ini dirancang untuk Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Univeristas Negeri Manado dengan tujuan dapat menunjang dan meringankan aktifitas bimbingan skripsi. Pada sistem informasi ini terdapat pengelolaan data informasi bimbingan berupa aktifitas bimbingan pengajuan dan persetujuan hasil penelitian skripsi. Terdapat empat user pada sistem informasi ini yaitu Admin, Dosen, Mahasiswa, dan Ketua Jurusan. Sistem Informasi Bimbingan Skripsi ini dirancang dengan menerapkan metode XP (Extreme Programming). Bahasa pemrograman yang dipakai adalah Bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework codeigniter dan bahasa pemprograman MYSQL. dengan adanya sistem informasi bimbingan skrispi ini maka monitoring aktifitas bimbingan skrispi dapat dilakukan dengan lebih praktis, aman dan efektif.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9440Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web di SMK Kristen 3 Tomohon2024-05-31T01:46:01+00:00Miracle L. Y. Wongkarmiraclewongkar17@gmail.comMario Tulenan Parinsimarioparinsi@unima.ac.idDaniel Riano Kaparangdrkaparang@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi sistem informasi manajemen persediaan dengan metode RAD (Rapid Application Development) yang memiliki 4 tahapan yaitu Requirement Planning, User Design, Construction, Cutover. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem ini adalah PHP (Hypertext Preprocessor). Sistem informasi manajemen persediaan barang ini dibuat untuk mempermudah proses pencarian barang dan pendataan barang di SMK Kristen 3 Tomohon, sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan barang di sekolah tersebut. Serta memudahkan Wakil Kepala Bidang Prasarana dan Guru Prasarana dalam proses pendataan barang.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9433Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Fajar Moyongkota2024-05-31T01:45:26+00:00Patrisia Hilda Aprillianipatriciaaprilliani15@gmail.comOlivia Eunike Selvie Liandoolivialiando@unima.ac.idMerriam Modeongmerriammodeong@unima.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X TKJ sebagai alat bantu untuk memudahkan guru dan siswa belajar tentang materi Pemrograman Dasar. Metode yang dipakai untuk pengembangan media pembelajaran Pemrograman dasar ini menggunakan metode MDLC yang terdiri dari 6 tahapan yaitu : 1). Konsep, 2). Perancangan, 3.) Pengumpulan, 4). Pembuatan, 5). Pengujian, 6). Menyebarluaskan. Pengujian Media Pembelajaran ini dilakukan dua jenis pengujian yaitu pengujian Developer dan uji coba End-User, dan hasil pengujian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Sekolah Menengah Kejuruan dapat digunakan dengan baik. Aplikasi ini juga menggunakan dasar pemrograman Adobe Action Script 3.0 pada Flash dengan OS Android.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9314Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon2024-05-27T09:24:53+00:00Gerry Windy Runtuwaliangruntuwalian@gmai.comKebri Kein Moudy Pajungkebripajung@unima.ac.idRudy Harijadi Wibowo Pardanusrudyhwpardanus@unima.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pada hasil belajar Informatika siswa pada kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan persepsi analis, proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Tomohon diharapkan siswa dapat dinamis dalam pengalaman pendidikan, menumbuhkan daya nalar dan imajinasi, namun hal tersebut belum sepenuhnya membuahkan hasil, karena begitulah cara siswa kemampuan memaknai materi Informatika yang diperkenalkan oleh pendidik dan hasil belajar siswa masih rendah. Kurang bersemangat untuk mengikuti latihan pembelajaran, siswa merasa bosan dengan materi yang kurang menarik. Model Pembelajaran Berbasis Proyek mencakup tugas-tugas kompleks karena pertanyaan dan permasalahan yang sangat menantang, dan mengharapkan siswa untuk mengonfigurasi, memecahkan masalah, dengan mudah memutuskan, menyelesaikan latihan analitis, dan memberikan pintu terbuka kepada siswa untuk bekerja secara mandiri. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penjajakan tersebut, khususnya pada siklus I dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek, diperoleh informasi nilai yaitu 13 siswa (54%) dari nilai siswa yang tuntas. khususnya 11 siswa (46%). Sementara itu, pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran serupa terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebanyak 21 siswa (87%) telah mencapai KKM. Selanjutnya hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Tomohon dapat diterima dan sesuai dengan harapan peneliti.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9310Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Kungkang Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle di TK GMIM Bethlehem Tataaran II2024-05-18T00:20:40+00:00Boy Martua Simanjuntak19210067@unima.ac.idIrene Realyta Halldy Trosi Tangkawarowirene.tangkawarow@unima.ac.idFerdinan Ivan Sangkopivan.sangkop@unima.ac.id<p>Perkembangan teknologi dalam era globalisasi menawarkan manfaat signifikan dalam berbagai aspek sosial, termasuk dalam pendidikan. Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat, menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikas AR sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan hewan kungkang kepada anak usia dini di TK GMIM Bethlehem Tataaran II. Metode pengembangan sistem yang digunakani adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan penerapan pada platform Android. Marker objek AR akan didesain dalam bentuk buku untuk menarik minat anak. Aplikasi ini akan menampilkan animasi hewan kungkang beserta informasi mengenai ciri-ciri fisik, siklus hidup, makanan, dan kebiasaan, disertai dengan narasi audio dan fitur kuis untuk mengukur pemahaman anak terhadap hewan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi pengenalan hewan kungkang yang sulit ditemui di lingkungan sekitar, serta memberikan alternatif pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak usia dini.</p>2024-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9307Digitalisasi Pemetaan Kebutuhan Guru SMA dan SMK di Kota Tomohon2024-05-18T00:18:57+00:00Ervin Danovan Barus17210003@unima.ac.idFerdinan Ivan Sangkopivan.sangkop@unima.ac.idIrene Realyta Halldy Trosi Tangkawarouwirene.tangkawarow@unima.ac.id<p>Keberhasilan pendidikan yang merupakan salah satu pilar utama pembangunan suatu bangsa sangat bergantung pada kualitas guru yang tersedia. Salah satu kota di Indonesia, Kota Tomohon, juga kesulitan mendapatkan tenaga pengajar yang cukup untuk mengajar di sekolah. Dengan memetakan kebutuhan guru di Kota Tomohon dan memanfaatkan metode Rapid Application Development (RAD) yang dipadukan dengan digitalisasi, penelitian ini berupaya menjawab permasalahan tersebut. Aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengumpulan, analisis, dan pemrosesan data yang efektif untuk kebutuhan guru dikembangkan menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD). Pendekatan RAD, dengan penekanan pada kolaborasi dan pengulangan yang cepat, memungkinkan terciptanya solusi yang beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan Kota Tomohon yang terus berkembang. Hasil Analisis ini merupakan suatu perangkat berbasis internet yang menyajikan pengetahuan real-time tentang kebutuhan guru di SMA dan SMK di Kota Tomohon. Aplikasi ini memungkinkan lembaga pendidikan, pemerintah, dan calon guru honorer untuk dengan mudah mengakses data tentang jumlah guru yang diperlukan, bidang keahlian yang dibutuhkan, dan lokasi sekolah yang membutuhkan guru. Dengan adanya digitalisasi pemetaan kebutuhan guru ini, diharapkan akan terjadi peningkatan efisiensi dalam perekrutan guru, penyaluran guru yang lebih tepat sasaran, dan peningkatan kualitas pendidikan di Kota Tomohon secara keseluruhan.</p>2024-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9512Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Ruang Kuliah berbasis Website di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado2024-06-05T01:10:58+00:00Anastasya Maria Korompisannastasyakrmps@gmail.comArje Cerullo Djamenarjedjamen@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Pengelolaan Ruang Kuliah Berbasis Website di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado dengan menggunakan metode Waterfall yang memiliki 5 tahapan utama yaitu analisis, desain sistem, penulisan kode program, pengujian, dan penerapan. Bahasa pemrograman yang gunakan untuk membuat sistem yaitu PHP (Hypertext Preprocessor) dan MySql. Sistem informasi pengelolaan ruang kuliah dirancang dan dibuat untuk mempermudah dalam mengelolah perkuliahan terlebih khusus dalam mengelolah ruangan kelas, sehingga dapat mencegah terjadinya bentrok dalam penggunaan ruang kuliah. Serta mempermudah mahasiswa dan dosen dalam mengetahui jadwal perkuliahan serta informasi ujian. Dalam pengujian untuk kelayakan sistem informasi diuji dengan menggunakan blackbox testing untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan sistem sebelum diterapkan.</p>2024-06-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9453Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tondano2024-05-31T08:04:02+00:00Rio Digabrio Palandengriopalandeng105@gmail.comAlfrina Mewengkangalfrinamewengkang@unima.ac.idArje Cerullo Djamenarjedjamen@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian. Maka bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah (Nonequivalent Control Grup Desain). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik “Random Sampling” yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Dengan kelas ekperimen berjumlah 15 siswa DKV dan kelas kontrol berjumlah 13 siswa TKJ. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada hasil belajar Informatika di SMK Negeri 3 Tondano. Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah melalui uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 5,251 sedangkan ttabel 1,771. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 5,251 > 1,771 maka menerima Ha dan menolak H0, dan artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X TKJ dan X DKV di SMK Negeri 3 Tondano.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9450Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK Negeri 1 Motoling Timur2024-05-31T08:02:15+00:00Murni Elshadai Soputanellshadai05@gmail.comChristine Takarina Meitty Manoppochristinemeiitty@unima.ac.idJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.id<p>Pendidikan di era digital saat ini memerlukan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif pada mata Pelajaran informatika untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Motoling Timur. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian) Dan Distribution (Distribusi). Tahap perancangan melibatkan pengembangan konten dan fitur interaktif dalam pembelajaran informatika. Pada tahap pengembangan, media pembelajaran interaktif dirancang dan dibangun menggunakan bantuan aplikasi Smart Apps Creator 3. Pada tahap ini peneliti melakukan 3 teknik pengujian, yaitu: Pengujian Fungsional (Functional Testing), Pengujian Kompatibilitas (Compatibility Testing), dan Pengujian Usabilitas (Usability Testing). Pengujian fungsional (Functional Testing) dilakukan oleh seorang dosen ahli media dan seorang guru bidang studi sebagai validator materi dengan hasil presentase yang diperoleh ahli media 85,36%, dan validator materi 95,58%. Pengujian Kompatibilitas (Compatibility Testing) meliputi spesifikasi perangkat yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi dengan spsifikasi android yaitu android paling rendah android 6 dan yang paling tinggi android 13. Pengujian Usabilitas (Usability Testing) menggunakan 12 pertanyaan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berjumlah 23 responden. Hasil dari Usability Testing terhadap aplikasi diperoleh hasil kelayakan 94.3% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak” atau acceptable. Hasil yang didapatkan dari hasil testing yang dilaksanakan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif mata Pelajaran informatika layak untuk didistribusikan dan memiliki dampak positif terhadap pembelajaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Motoling Timur.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9439Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung2024-05-31T01:46:45+00:00Valentino Claudio Taguririclaudiotaguriri04@gmail.comVerry Ronny Palilinganronnypalilingan@unima.ac.idDaniel Riano Kaparangdrkaparang@unima.ac.id<p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 2 Bitung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 2 Bitung, Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan XI TJKT 3 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan treatment. Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9315Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TJKT di SMKN 2 Bitung2024-05-27T09:23:30+00:00Joshua Vincent Soegiartojoshuasoegiarto.js@gmail.comDaniel Riano Kaparangdrkaparang@unima.ac.idHiskia Kamang Manggopahiskiamanggopa@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan melibatkan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran DDPK. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah peningkatan skor kelas normal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,16%, tepatnya dari 91 menjadi 95. Skor rata-rata pada siklus II pada siswa kategori sangat tinggi meningkat sebesar 11,11%, tepatnya dari 27 siswa menjadi 30 siswa. Hasil belajar peserta didik mencapai tanda kemajuan pada KKM sebesar 100%. Derajat gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat, misalnya latihan mendengar dari 86% menjadi 88%, latihan lisan dari 45% menjadi 61%, latihan mendalam dari 65% menjadi 84%, latihan visual dari 35% menjadi 78%, komposisi dari 65% menjadi 73%, motorik dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. Dari siklus Il hingga lII sebagian besar sudut naik ke tingkat berikutnya. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pelaksanaan Project Based Learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X TJKT IV SMK N 2 Bitung.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9313Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet dan Kesiapan Belajar terhadap hasil Belajar Siswa SMK N 3 Tondano2024-05-27T09:24:24+00:00Yeremia Mondoringinyeremiamondoringin@gmail.comParabelem Tinno Dolf Rompasparabelemrompas@unima.ac.idHiskia Kamang Manggopahiskiamanggopa@unima.ac.id<p>Salah satu tujuan penggunaan internet dalam pendidikan adalah mengatasi keterbatasan sumber belajar yang selama ini hanya disediakan oleh sekolahan dan perpustakaan dapat dilengkapi dengan dunia maya. Siswa yang tidak memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil dan prestasi belajarnya rendah, sebaliknya siswa yang memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil belajar yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh positif penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa dan menjelaskan besar sumbangan jaringan internet dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK N 3 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang berjumlah 85 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini penelitian ini yaitu siswa kelas 11 pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa menggunakan teknik purposive Sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik Anaslisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menujukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan jaringan internet terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan nilai Fhitung =4,876 lebih besar Ftabel =4,18 dan nilai signifikansi = 0,036<0,05 ; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan nilai Fhitung =23,717 lebih besar Ftabel =4,18 dan nilai signifikansi = 0,036<0,05 ; 3) ada pengeruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa, dibuktikan nilai fhitung sebesar 16,520lebih besar dari ftabel 4,210 dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Besarnya koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,550, artinya sebesar 55% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain.</p>2024-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology (JEMTech)https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9309Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet di SMK N 2 Manado2024-05-18T00:20:08+00:00Gladys Manopogladysmanopo.gm1@gmail.comArje Cerullo Djamenarjedjamen@unima.ac.idRudy Harijadi Wibowo Pardanusrudyhwpardanus@unima.ac.id<p>Melalui jaringan internet, manusia kini dapat berkomunikasi tidak hanya di satu daerah atau wilayah, tetapi juga dengan individu di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap Quality of Service (QoS) serta memberikan rekomendasi perbaikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Manado. QoS merujuk pada pengukuran kualitas jaringan yang terpasang dan merupakan upaya untuk menentukan karakteristik dan sifat dari layanan tersebut. Metode yang digunakan adalah Network Development Life Cycle (NDLC). Layanan internet yang digunakan harus mematuhi standar TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Oleh karena itu, Analisis QoS menjadi suatu metode untuk menilai sejauh mana layanan data dapat memenuhi standar tersebut. Parameter QoS yang dijadikan dasar untuk analisis layanan komunikasi data melibatkan Throughput, Packet Loss, Delay, dan Jitter.</p>2024-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9306Pengembangan Media Pengenalan Unsur Atom Berbasis Augmented Reality di SMA2024-05-18T00:18:05+00:00Aprila Thesanika Manusaprilamanus05@gmail.comJohan Reimon Batmetanjohn.reimon@unima.ac.idTrudi Komansilantrudikomansilan@unima.ac.id<p>Aplikasi Pengenalan Unsur Atom dibuat menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan pendeteksi marker untuk menampilkan bentuk 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran untuk siswa dalam membantu proses pembelajaran tentang bentuk unsur atom dan model-model dari teori atom yang ada. Aplikasi pengenalan unsur atom ini diberi nama Chemical Atom. Dalam proses pembuatan aplikasi Chemical Atom, digunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Chemical Atom dibuat menggunakan aplikasi Unity 3D, Blender 3D, Microsoft Visual Studio dengan penggunaan Vuforia SDK untuk mengaktifkan kamera AR dan pembuatan marker. Tahap testing dilakukan dengan metode pendekatan black box testing oleh developer dan pengujian aplikasi pengenalan unsur atom oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta menggunakan uji kompatibilitas pada beberapa perangkat android.</p>2024-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Educational Method and Technology