PENGARUH DISIPLIN GURU, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KATOLIK REX MUNDI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3361Keywords:
teachers discipline, pedagogic competence, eachers working motivation, Students learning motivationAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Katolik Rex Mundi Manado Kota Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 687 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Slovin, dengan total sampel responden sebanyak 253 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan antara disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 75,4%. Variabel yang memberikan kontribusi paling besar adalah kompetensi pedagogik guru yaitu sebesar 57%, diikuti dengan variabel motivasi mengajar guru yaitu sebesar 55%, dan disiplin mengajar sebesar 52,4%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan secara simultan variabel disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa SMA Katolik Rex Mundi Manado
Kata Kunci: Disiplin guru, Kompetensi pedagogik guru, motivasi kerja guru, Motivasi belajar siswa
Abstract
The purpose of this study was to determine the influence of teacher discipline, pedagogic competence, and working motivation toward the student's motivation to learn of SMA Katolik Rex Mundi Manado. The population in this study were all the students which amount to 687 students. Sampling technique in this study using Slovin’s technique, with total samples were 253 students. The method of data collection used questionnaires, documentation, and interview. The result of the research indicated Simultaneous influence between teachers' discipline, pedagogic competence, and working motivation on students' motivations to learn was 75,4%. The variable that gave the biggest contribution was pedagogic competence, about 57%, followed by the teachers working motivation which was 55%, and teaching discipline was 52,4%. The conclusion of this study was there were positive and significant influences simultaneously or partially of teachers' discipline variable, pedagogic competence, and teachers working motivation toward the student's motivation to learn of SMA Katolik Rex Mundi Manado.
Keywords: teachers discipline, pedagogic competence, teachers working motivation, Students learning motivation
References
AS Sardiman 2008 - Media Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagarfindo Persada
Daryanto. 2012 M Raharjo - Model Pembelajaran Inovatif
Dewi, Luh Retiantari dkk (2014) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi
E Mulyasa (2009) Implementasi KTSP Kemandirian guru dan kepala sekolah- Jakarta: Bumi Aksara.
E Mulyasa (2013) Manajememen Pendidikan Karakter- Jakarta: PT Bumi Aksara,
HB Uno, N Lamatenggo (2016) Tugas guru dalam pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
JW Santrock 2009 Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2- Jakarta: Salemba Humanika,
Khodijah, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Malayu Hasibuan (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi Aksara
Maruya, Siti, (2016): JUNI - Articles P ENGARUH KEDISIPLINAN GURU MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Muchdarsyah Sinungan. (2003) Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta. Bumi Aksara
Slameto, (2010), Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta. Rineka Cipta
Tabrani Rusyan (2006) Pendidikan Budi Pekerti, Bandung. PT Sinergi Pustaka Indonesia
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Pietra Hadibrata, Edwin Wantah, Jerry R.H Wuisang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.