PENGARUH DISIPLIN GURU, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KATOLIK REX MUNDI MANADO

Authors

  • Pietra Hadibrata Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Edwin Wantah Universitas Negeri Manado
  • Jerry R.H Wuisang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3361

Keywords:

teachers discipline, pedagogic competence, eachers working motivation, Students learning motivation

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Katolik Rex Mundi Manado Kota Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 687 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Slovin, dengan total sampel responden sebanyak 253 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan antara disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 75,4%. Variabel yang memberikan kontribusi paling besar adalah kompetensi pedagogik guru yaitu sebesar 57%, diikuti dengan variabel motivasi mengajar guru yaitu sebesar 55%, dan disiplin mengajar sebesar 52,4%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan secara simultan variabel disiplin guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa SMA Katolik Rex Mundi Manado

Kata Kunci: Disiplin guru, Kompetensi pedagogik guru, motivasi kerja guru, Motivasi belajar siswa

 

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of teacher discipline, pedagogic competence, and working motivation toward the student's motivation to learn of SMA Katolik Rex Mundi Manado. The population in this study were all the students which amount to 687 students. Sampling technique in this study using Slovin’s technique, with total samples were 253 students. The method of data collection used questionnaires, documentation, and interview. The result of the research indicated Simultaneous influence between teachers' discipline, pedagogic competence, and working motivation on students' motivations to learn was 75,4%. The variable that gave the biggest contribution was pedagogic competence, about 57%, followed by the teachers working motivation which was 55%, and teaching discipline was 52,4%. The conclusion of this study was there were positive and significant influences simultaneously or partially of teachers' discipline variable, pedagogic competence, and teachers working motivation toward the student's motivation to learn of SMA Katolik Rex Mundi Manado.

Keywords: teachers discipline, pedagogic competence, teachers working motivation, Students learning motivation

References

AS Sardiman 2008 - Media Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagarfindo Persada

Daryanto. 2012 M Raharjo - Model Pembelajaran Inovatif

Dewi, Luh Retiantari dkk (2014) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi

E Mulyasa (2009) Implementasi KTSP Kemandirian guru dan kepala sekolah- Jakarta: Bumi Aksara.

E Mulyasa (2013) Manajememen Pendidikan Karakter- Jakarta: PT Bumi Aksara,

HB Uno, N Lamatenggo (2016) Tugas guru dalam pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

JW Santrock 2009 Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2- Jakarta: Salemba Humanika,

Khodijah, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Malayu Hasibuan (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi Aksara

Maruya, Siti, (2016): JUNI - Articles P ENGARUH KEDISIPLINAN GURU MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Muchdarsyah Sinungan. (2003) Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta. Bumi Aksara

Slameto, (2010), Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta. Rineka Cipta

Tabrani Rusyan (2006) Pendidikan Budi Pekerti, Bandung. PT Sinergi Pustaka Indonesia

Additional Files

Published

2021-12-28

How to Cite

Hadibrata, P. ., Wantah, E., & Wuisang, J. R. (2021). PENGARUH DISIPLIN GURU, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KATOLIK REX MUNDI MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 281-295. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3361

Issue

Section

Articles