PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Joubert M Dame Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Roy Mambu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4049

Keywords:

Video Media, Quizizz Interactive Media, Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video dan Media Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Belaj ar Pada Siswa SMK Negeri 2 Tondano. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 83 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) media video berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 84,82% dengan jumlah thitung > ttabel = 21,281 > 1,98969 dan jumlah fhitung > ftabel = 452,938 > 3,959 (2) media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 56,70%, dengan jumlah thitung > ttabel = 10,2993 > 1,98969 dan jumlah fhitung > ftabel = 105,669 > 3,959 (3) media video dan media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 85,93% dengan jumlah fhitung > ftabel = 248,422 > 3,111.

Kata Kunci : Media Video, Media Interaktif Quizizz, Motivasi Belajar

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of using video media and interactive media Quizizz on learning motivation in students of SMK Negeri 2 Tondano. This research method is a survey method with a sample of 83 students. The technique used in data collection is a questionnaire (questionnaire), observation and documentation. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study show that (1) video media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 84.82% with the number of tcount > ttable = 21,281 > 1,98969 and the number of fcount > ftable = 452,938 > 3.959 ( 2) Quizizz interactive media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 56.70%, with the number of tcount > ttable = 10.2993 > 1.98969 and the number of fcount > ftable = 105.669 > 3.959 (3) media video and interactive media quizizz have a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 85.93% with a number of fcount > ftable = 248,422 > 3,111.

Keywords: Video Media, Quizizz Interactive Media, Learning Motivation

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksar

Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Agung Setiawan,dkk.. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Metematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Edusaintek. ISBN: 2685-5852 (Semarang: UNIMUS, 2019).

Brophy, J. (2010). Motivating students to learn third edition. London: Routledge.

Cahyani Amildah Citra dan Brillian Rosy. (2020). Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Kerintang Surabaya. E-ISSN: 23389621. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol.8 No.2. 2020.

Edna, B., Beatriz, A., Pep, S., Enache, M & Fernandez, V. (2008). Video as a new teaching tool to increase studentmotivation. Technical University of Catalonia Barcelona, Spain. Diakses pada tanggal 4 September 2015, dari

Greenberg, A. D., & Zanefis, J. (2012). The impact of broadcast and streaming video in education. London: Report commissioned by Cisco Systems.

Kustandi, C & Sutjipto, B. (2013). Media pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munandi, Y. (2013). Media pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020, Halaman 1—8Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Siregar, Syofian. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, Hamzah B. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zhao, Fang. 2019. Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education 8.1: 3743. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1203198

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Dame, J. M. ., Wuisang, J., & Mambu, R. . (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 109-117. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4049

Issue

Section

Articles