PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 TONDANO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4049

Keywords:

Video Media, Quizizz Interactive Media, Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video dan Media Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Belaj ar Pada Siswa SMK Negeri 2 Tondano Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 83 siswa Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner angket observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear ganda analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan 1 media video berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 84 82 dengan jumlah t< sup>hitung gt; t< sup>tabel = 21 281 gt; 1 98969 dan jumlah f< sup>hitung gt; f< sup>tabel = 452 938 gt; 3 959 2 media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 56 70 dengan jumlah t< sup>hitung gt; t< sup>tabel = 10 2993 gt; 1 98969 dan jumlah f< sup>hitung gt; f< sup>tabel = 105 669 gt; 3 959 3 media video dan media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 85 93 dengan jumlah f< sup>hitung gt; f< sup>tabel = 248 422 gt; 3 111 < p>

Kata Kunci : Media Video Media Interaktif Quizizz Motivasi Belajar< em>< strong>< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study aims to determine the effect of using video media and interactive media Quizizz on learning motivation in students of SMK Negeri 2 Tondano This research method is a survey method with a sample of 83 students The technique used in data collection is a questionnaire questionnaire observation and documentation The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis simple correlation analysis and multiple correlation analysis The results of this study show that 1 video media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 84 82 with the number of tcount gt; ttable = 21 281 gt; 1 98969 and the number of fcount gt; ftable = 452 938 gt; 3 959 2 Quizizz interactive media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 56 70 with the number of tcount gt; ttable = 10 2993 gt; 1 98969 and the number of fcount gt; ftable = 105 669 gt; 3 959 3 media video and interactive media quizizz have a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 85 93 with a number of fcount gt; ftable = 248 422 gt; 3 111 < p>

Keywords: Video Media Quizizz Interactive Media Learning Motivation< em>< strong>< p>

References

Arikunto S 2006 Metode Penelitian Kuantitatif Jakarta: Bumi Aksar

Azhar Arsyad 2002 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Azhar Arsyad 2011 Media Pembelajaran Jakarta: Rajawali Pers

Agung Setiawan dkk 2019 Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Metematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 2020 Seminar Nasional Edusaintek ISBN: 2685 5852 Semarang: UNIMUS 2019

Brophy J 2010 Motivating students to learn third edition London: Routledge

Cahyani Amildah Citra dan Brillian Rosy 2020 Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Kerintang Surabaya E ISSN: 23389621 Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP Vol 8 No 2 2020

Edna B Beatriz A Pep S Enache M Fernandez V 2008 Video as a new teaching tool to increase studentmotivation Technical University of Catalonia Barcelona Spain Diakses pada tanggal 4 September 2015 dari

Greenberg A D Zanefis J 2012 The impact of broadcast and streaming video in education London: Report commissioned by Cisco Systems

Kustandi C Sutjipto B 2013 Media pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia

Munandi Y 2013 Media pembelajaran sebuah pendekatan baru Jakarta: Referensi GP Press Group

Pebriani C 2017 Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V Jurnal Prima Edukasia 5 1 11 21 doi:http: dx doi org 10 21831 jpe v5i1 8461

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 2020 Halaman 1 8Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung:Alfabeta

Siregar Syofian 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Jakarta: Prenadamedia Group

Uno Hamzah B 2019 Teori Motivasi Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Zhao Fang 2019 Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom International Journal of Higher Education 8 1: 3743 Diakses dari https: eric ed gov ?id=EJ1203198

Additional Files

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 TONDANO. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 109 117. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4049